AKSI anggota IDP Purwokerto dalam gelaran ngabuburit bareng IDP di wilayah Kampus Unsoed, Jumat (9/6). SATELITPOST/RARE

PURWOKERTO, SATELITPOST-Komunitas drummer yang tergabung dalam Indonesian Drummer Perkusionis (IDP) Purwokerto unjuk kebolehan memainkan “bedug inggris” di simpang jalan Kampus-HR Bunyamin, Jumat (9/6) sore. Tak hanya itu, ‎mereka memadukan drum dengan alat musik perkusi lainnya seperti jimbe, timbalis, dan cowbell.

‎“Kali ini teman-teman IDP coba memadukan drum modern dengan alat musik perkusi agar lebih terasa etnis,” kata Sekretaris IDP Purwokerto, Farobi di sela-sela kegiatan.

Penampilan yang ditata dalam konsep “Ngabuburit Bareng IDP Purwokerto” merupakan kerja sama IDP Purwokerto dan UKM Remoef Fisip Unsoed. Mereka bermain secara bergantian, baik solo maupun berkelompok dan mampu memberikan hiburan tersendiri bagi pengendara  yang tengah melintas.

“Kami menyiapkan display lima set drum untuk jamming secara bergantian,” kata dia.

Ketua IDP Purwokerto, Hilda menambahkan, kegiatan ngabuburit ini merupakan bentuk eksisitensi serta sosilasisai kepada masyarakat dari komunitas instrumen yang lahir sejak tahun 2011 silam.

“Konsep IDP dari awal berbentuk komunitas, bukan sanggar. Jadi yang memiliki minat dan bakat sama terbuka lebar untuk bergabung,” katanya.

Tak hanya kegiatan berbau eksistesi saja, komunitas yang memiliki anggota lebih dari 50 personel ini juga memiliki program kerja per periode. Program tersebut berupa  edukasi dan coaching clinic yang digelar di sekolah dan kampus.

“Karena konsepnya sosialisasi, jadi peserta tanpa ditarik biaya alias gratis. Evennya bertajuk ‘IDPP Goes to Campus & School’.” kata Hilda.

Selama ini, anggota komunitas IDP Purwokerto kerap berlatih bersama dan melakukan pertemuan secara rutin tiap akhir pekan. Materi yang dibahas selalu tentang teknik sticking, ragam rudiments serta sharing tentang berbagai trik.

Aksi tabuh drum rame-rame ini diakhiri dengan bagi-bagi takjil kepada pengendara yang tengah melintas di Jalan HR Bunyamin. Usai bagi takjil, mereka pun buka puasa bersama di area tersebut. (rar)

Komentar

komentar