JURU parkir menata kendaraan yang terparkir di tepi jalan kabupaten, Selasa (5/9).

CILACAP, SATELITPOST-Pendapatan asli daerah dari perparkiran sampai Juli kemarin sudah terealisasi Rp 761 juta. Ditargetkan untuk PAD dari perparkiran pada tahun 2017 ini mencapai Rp 1,4 miliar.

Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Masikin Jafar mengatakan karena selama tiga bulan mendatang dikembalikan pengelolaannya ke Dishub, akibat gagal lelang, pihaknya optimis masih bisa tercapai. “Insyaallah tercapai, meski berat. Tapi memang setiap tahun selalu tercapai untuk parkir,” katanya, kemarin.

Dengan akan dipihakketigakan, maka target parkir akan ditingkatkan. Karena pemenang lelang bisa membuka potensi-potensi parkir yang saat ini belum dikelola. Dishub sendiri akan melakukan pengawasan di lapangan dengan membentuk tim saber parkir.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Kerja Sama Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2007 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Daearah, pengelolaan parkir akan dilelang. Namun, karema minimnya peserta, lelang dinyatakan gagal dan akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Lelang akan dilakukan untuk tahun 2018, dan prosesnya dimulai pada Oktober besok. Pada lelang selanjutnya ini akan dilakukan lelang ulang jika lelang pertama mengalami kegagalan. Apabila sudah dua kali gagal, maka selanjutnya akan dilakukan penunjukan langsung.  “Penunjukan ini nanti akan dilihat dari data potensi perusahaan. Yang akan melakukan survei potensi dari pihak ketiga, Unsoed,” katanya.

Kerjasama lelang ini akan dilaksanakan selama satu tahun dan maksimal tiga tahun. Lelang parkir ini terbagi menjadi dua zoa, zona tepi jalan dan juga tempat parkir khusus, yang terdiri dari Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap, RSUD Majenang, Pasar Gede, Pasar Kroya, dan juga Puskesmas. (ale)

Komentar

komentar

BAGIKAN