TIGA pasang calon Ketua dan Wakil Ketu OSIS SMPN 5 Purwokerto mengenakan pakaian adat saat Pilkober 2017 di sekolah tersebut, Jumat (22/9).

PURWOKERTO, SATELITPOST-Kebanyakan sekolah menggelar pemilihan Ketua OSIS dengan sistem pemungutan suara biasa. Namun, ada yang berbeda dengan pemilihan Ketua OSIS di SMP Negeri 5 Purwokerto Jumat (22/9).

Pemilihan OSIS di SMPN 5 Purwokerto digelar dengan nama Pilkober atau Pemilihan Ketua OSIS Berkarakter. Dalam Pilkober 2017 ini, ada tiga pasang calon Ketua OSIS beserta wakilnya. Ketiga pasang calon tersebut antara lain Fikri Rudiamsah dengan Rifka Kenya Sekar, Arrafli Romadhon dengan Deni Saharani dan Nurul Azizah dengan Satria Adi.

Pilkober sengaja dikemas dengan sesuatu yang berbeda dari sekolah lain. Masing-masing calon mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.‎ Kepala SMPN 5 Purwokerto, Sugeng Kahana mengatakan, dengan memakai baju adat, diharapkan siswa bisa mengetahui Indonesia kaya akan budaya yang terdiri dari banyak suku.

“Sesuai dengan namanya, Pilkober, kami berharap mereka akan menjadi pemimpin yang berkarakter, mengedepankan tata krama, sopan, santun, cinta tanah air dan saling menghargai perbedaan. Sehingga mereka tidak hanya mengedepankan keilmuan saja, tapi juga karakter,” kata dia.

Sebelum 20 September 2017, menurut Sugeng, para calon menggelar kampanye. Dengan panitia baik KPU maupun Panwas dari siswa setempat. Dalam pilkober tersebut TPS dibagi menjadi tiga. Yakni TPS kelas VII dengan TPS Bawor, kelas VIII dengan TPS Gareng dan kelas IX dengan TPS Semar.

‎Di setiap sudut sekolah ditempel berbagai poster ajakan menggunakan hak suara dan penolakan terhadap golput. Ini untuk menyukseskan Pilkober SMPN 5 Purwokerto 2017.

Menurut Sugeng, melalui kegiatan Pilkober tersebut, sekolah ingin melatih siswa berdemokrasi. “Supaya nantinya, mereka bisa berpartisipasi aktif dalam pemilu yang sebenarnya. Mudah-mudahan ke depan  mereka akan menjadi orang yang benar, berkarakter dan siap kerja,” katanya.

‎Dalam Pilkober tersebut, tercatat jumlah suara sebanyak 831. Yang terdiri dari 752 suara sah, 60 suara rusak, san 19 suara golput. Dengan hasil akhir Arrafli dan Deny Saharani ‎terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2017/2018 dengan perolehan suara 282 suara. (alf)

Komentar

komentar