PETUGAS KPU melakukan pengecekan berkas salinan pendaftaran dari PDI Perjuangan di Kantor KPU Cilacap, Kamis (12/10).

CILACAP, SATELITPOST-Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan menyerahkan dokumen syarat pendaftaran salinan keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap, Kamis (12/10). Penyerahan dokumen ini diserahkan oleh penghubung parpol didampingi oleh Ketua DPC PDI Perjuangan, Taufik Nurhidayat.

Tidak hanya itu, pada penyerahan pendaftaran kemarin, juga didampingi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Fraksi PDI Perjuangan, dan juga para kader. Mereka disambut langsung oleh Ketua KPU dan Komisioner KPU di ruang aula KPU Cilacap.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kabupaten Cilacap, Taufik Nurhidayat mengatakan penyerahan salinan dokumen KTA dan KTP elektronik diserahkan kepada KPU sebelum tenggat waktu berakhirnya pendaftaran. Hal ini dilakukan apabila masih ada yang kurang sempurna, bisa langsung disempurnakan sebelum akhir waktu pendaftaran.

“Anggota yang didaftarkan 1.117, tidak semua anggota didaftarkan. Syaratnya kan 1000 atau seperseribu, sehingga kami mendaftarkan untuk memenuhi syarat,” ujarnya.

Menurutnya, untuk jumlah pengurus yang ada dipastikan lebih dari yang didaftarkan. Untuk kepengurusan dari partai moncong putih ini, mulai dari ranting sampai ke tingkat DPC ada sebanyak 3 ribu orang.

Meskipun, PDI Perjuangan di tingkat pusat belum mendapatkan surat tanda terima dari KPU RI karena masih ada syarat pendaftaran yang belum terpenuhi, KPU Cilacap menerima berkas salinan pendaftaran dari DPC PDI Perjuangan.

“Jika di pusat belum mendapatkan tanda terima, maka data di sipol belum terkunci, dan kami khawatirkan data yang ada masih bisa berubah,” kata Komisioner KPU Cilacap, Aniroh.

KPU seharusnya menerima data parpol dengan data yang tidak bergerak lagi, agar data yang ada di sipol dengan yang diserahkan akan sama. Namun, KPU tetap melakukan pengecekan dokumen yang diserahkan oleh DPC PDI Perjuangan. Dengan catatan, belum akan mendapatkan tanda terima dari KPU.

Sampai kemarin, baru ada dua parpol yang menyerahkan salinan dokumen pendaftaran kepada KPU. Pertama dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo), meskipun sudah menyerahkan, namun partai besutan HT ini masih harus melengkapi. Sedangkan kedua yakni PDI Perjuangan, pada Kamis sore kemarin.

Penyerahan syarat pendaftaran salinan keanggotaan parpol di tingkat Kabupaten berupa fotokopi Kartu Tanda Anggota (KTA) dan juga Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau surat keterangan, dibuka oleh KPU kabupaten sejak tanggal 3-16 Oktober ini. KPU menerima berkas pada jam kerja sampai pukul 1600 WIB, dan pada hari terakhir pendaftaran tanggal 16 Oktober besok sampai pukul 00.00 WIB. (ale)

Komentar

komentar