BANJARNEGARA, SATELITPOST-Untuk memudahkan penanganan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Banjarnegara menggagas SMS Center kerusakan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Menurut Tri Kurniaty, Kepala Seksi Pertamanan dan PJU pada DPU-PR Banjarnegara, gagasan SMS Center itu merupakan upaya menyelaraskan keluhan masyarakat dengan penanganan PJU.

Diakuinya, SMS Center tersebut dicetuskan menyusul banyaknya keluhan warga Banjarnegara terkait lampu penerangan yang rusak dan padam. Selama ini, warga bingung harus melapor ke mana dan siapa yang berwenang menanggapi persoalan tersebut.

“Setiap hari pasti ada laporan atau keluhan warga karena PJU padam. Supaya masyarakat tidak bingung harus lapor ke mana, dicetuskanlah SMS Center sebagai pusat aduan,” katanya.

SMS Center ini akan menjadi pusat layanan PJU yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat penanganan. Semakin cepat informasi disampaikan, semakin cepat pula penanganan kerusakan dilakukan.

Menurutnya, ada beberapa penyebab PJU padam. Bisa terjadi karena kerusakan komponen, terkena petir, atau ulah iseng oknum tidak bertanggung jawab.

“Untuk tahap awal ini kita sosialisasikan. Selanjutnya akan kita sebar pemasangan stiker yang mencantumkan nomor SMS Center,” katanya.

Berdasarkan data yang ada, sedikitnya terpasang 10 ribu lampu PJU di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Dengan jumlah sebanyak itu, masyarakat dilibatkan langsung untuk menjaga dan merawatnya.

“Untuk pengaduan format SMS harus menunjukkan lokasi dan titik kerusakan lampu. SMS Center ini akan menjadi pilot project dan akan disosialisasikan lebih luas ke masyarakat. Termasuk dengan memasang stiker di meteran PJU,” ujarnya. (enk)

Komentar

komentar