PETUGAS melayani pemohon SIM di Polres Banjarnegara, Selasa (14/11).SATELITPOST/MAULA

BANJARNEGARA,SATELITPOST-Digelarnya Operasi Zebra oleh Polisi Lalu Lintas dari Polres Banjarnegara sejak tanggal 1 hingga 14 November ini berdampak positif. Tingkat pengendara yang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) pun meningkat drastis yakni mencapai  rata-rata 160 orang per hari.

Jumlah warga yang mengurus SIM di Polres Banjarnegara selama beberapa hari terakhir meningkat dibanding sebelumnya. Hal ini terlihat dari lonjakan antrean pemohon SIM di loket pelayanan Mapolres Banjarnegara kemarin.

Kapolres Banjarnegara AKBP, Nona Pricillia Ohei melalui Kasatlantas AKP Supadi membenarkan informasi ini. Menurutnya, jumlah pemohon SIM memang mengalami peningkatan. Per hari, peningkatan pemohon bisa mencapai 150 hingga 214 orang. Jumlah ini disebutnya terpaut jauh dari hari-hari normal.

“Biasanya, per hari yang mengurus SIM itu hanya hitungan puluhan. Tapi ini, lonjakannya tinggi,” kata dia.

Ia merinci, dari data terakhir, rata-rata pemohon SIM C baru mencapai angka 100 orang. Sementara yang perpanjangan mencapai 50 pemohon per hari. Jumlah pemohon SIM A tidak sefantastis pemohon SIM C. “Kalau SIM A pemohon baru di kisaran 25, sementara perpanjangan sekitar 20an,” kata dia.

Ia juga mengatakan, sebagian besar pemohon SIM merupakan orang-orang yang belum memiliki surat kelengkapan berkendara ini. “Sebagian besar pengurus SIM baru. Kebanyakan mereka terjaring razia kemarin. Tapi ya ada yang bikin karena kesadaran sendiri,” ujar dia.

Kasatlantas mengingatkan pengguna jalan agar melengkapi surat-surat kendaraan bermotor. Selain itu, penting pula bagi pengendara untuk menggunakan pengaman yang lengkap agar risiko kecelakaan berlalu lintas dapat diminimalisir. (oel)

Komentar

komentar

BAGIKAN