PURWOKERTO, SATELITPOST-Sat Reskrim Polres Banyumas menangkap spesialis pencuri di gedung sekolah. Selain mengamankan pelaku yakni Sunarso (35), polisi juga mengamankan Solichin (38). Dalam kasus ini, Solichin berperan sebagai penadah barang hasil curian dari Sunarso alias Kancil.

“Hasil pengembangan kami juga berhasil mengamankan penadahnya. Awalnya pemetik (pelaku, red) kemudian dikembangkan dan ditangkap juga penadahnya,” kata Kapolres Banyumas, AKBP Aziz Andriansyah SH SIK Mhum, kemarin.

Diketahui, Sunarso alias Kancil merupakan warga Desa Karanggintung RT 06 RW 02 Kecamatan Sumbang. Sedangkan Solichin adalah warga Klahang RT 2 RW 8, Sokaraja. Kancil ditangkap di rumahnya, Rabu (26/4) sekitar pukul 06.00 WIB, begitu juga dengan Solichin sehari setelah ditangkapnya Kancil.

“Penadah biasa menerima barang hasil kejahatan. Sementara ini dikenakan pasal 363 ayat (1) ke-3e, ke-4e, ke-5e KUHP,” katanya.

Dari hasil pengembangan, polisi berhasil mengungkap tujuh lokasi yang menjadi sasaran aksi Kancil. Jumlah tersebut, kebayakan merupakan bagunan gedung sekolah dan satu kantor kelurahan. Barang-barang yang diambil oleh tersangka merupakan barang elektronik, seperti laptop, komputer, dan LCD Proyektor.

“Hasil pengembangan ada tujuh TKP, pelaku memilih secara acak, yang dinilai penjagaanya tidak terlalu ketat, tujuh lokasi itu dilakukan sejak Desember tahun lalu hingga Maret tahun 2017,” kata dia.

Diketahui, setelah polisi mengantongi data yang lengkap, Sunarso dibekuk di rumahnya Rabu (26/4).  Selain pelaku, polisi juga mengamankan berbagai peralatan elektronik sebagai barang bukti pemeriksaan.

Setelah lokasi sasaran dipastikan tidak ada penjaga, pada malam harinya pelaku mendatangi lokasi untuk melancarkan aksinya. Tersangka masuk ke halaman dengan cara lompat pagar, lalu masuk dengan cara mencongkel pintu menggunakan linggis kecil.

“Awalnya sempat mengelak, tapi akhirnya terungkap juga. Beberapa barang yang kami sita ada  layar monitor, beberapa unit CPU, mikroskop dan LCD poyektor, 3 buah kabel power, 3 buah kabel VGA, 3 buah mouse,  1 buah keyboard komputer,” katanya.

Beberapa gedung sekolah yang telah dia gasak diantaranya adalah SDN 1 Karangtengah, Cilongok, SD N lumbir, SD N 3 Kebocoran, SD N Buntu Kebasen, SD N Tambak, Kantor Kelurahan Bobotsari Purbalingga, dan SD Bumijawa Kabupaten Tegal. (min)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY