PATIKRAJA, SATELITPOST-Ancaman imbas konflik di tanah air yang dipicu tragedi kemanusiaan yang mendera etnis Rohingya terus menjadi perhatian Polisi. Antisipasi konflik terus digalakkan oleh sejumlah Polsek di wilayah hukum Banyumas.

Baru-baru ini, Kapolsek Patikraja, AKP Sunarto SH bahkan mengambil tindakan penyekatan arus lalu lintas di wilayah Patikraja. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir potensi pengerahan massa yang dikabarkan hendak berangkat ke Candi Borobudur untuk menggelar aksi bela muslim.

“Belakangan anggota kami langsung melakukan penyekatan, baik lewat patrol dialogis di tempat berkumpul public maupun melakukan pemantauan aktivitas pergerakan massa,” ujar Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH SIK MHum, melalui Kapolsek, kemarin.

Kapolsek menambahkan, sejumlah upaya pemantauan di jalur-jalur alternative juga mulai dilakukan. Dalam pemantauan ini, personel dari Polsek Patikraja memperhatikan betul seluruh kendaraan yang melintas. “Baik kendaraan pribadi maupun bus pariwisata yang kemungkinan membawa massa kita cek betul,” ujar dia.

Sunarto mengatakan, dengan pelaksanaan penyekatan ini, ia berharap dapat meminimalisir pergerakan massa. Terutama, pergerakan massa yang menuju Candi Borobudur.

Antisipasi potensi konflik buntut tragedy Rohingya juga digelar oleh Polsek di beberapa wilayah lain di Banyumas. Satu di antaranya adalah patrol sambang tempat ibadah yang mulai diintensifkan personel Polsek Kemranjen. KSPK Polsek Kemranjen, Aiptu Sukrasno dan Kanit Intel, Aiptu Joko Mulyono  melaksanakan Patroli dan sambang ke tempat ibadah Viara di Desa Garanggintung, Pageralang sejak awal pekan ini.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH SIK MHum melalui Kapolsek Kemranjen AKP Sardji SH menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya untuk mengantisipasi dampak Aksi Bela Rohingnya sehingga tidak muncul potensi konflik di wilayah Kemranjen. “Kami mengintensifkan patroli di vihara. Sejauh ini, situasi masih kondusif dan tidak nampak adanya gejolak,” kata dia.

Sementara itu, KSPK Aiptu Sukrasno mengimbau agar masyarakat yang ada di lingkungan Vihara untuk ambil bagian dalam upaya menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing. Sebelumnya, patroli vihara juga sudah digelar oleh Polsek Tambak. Mereka bahkan mengintensifkan pemantauan kamtibmas di Desa Watuagung.(pan)

Komentar

komentar

BAGIKAN