PURBALINGGA, SATELITPOST-Desa wisata Tanalum, Kecamatan Rembang, harus puas sebagai juara Harapan I pada Festival Desa Wisata se-Jawa Tengah yang digelar di Kabupaten Magelang, Senin–Selasa (24–25/7) lalu. Desa wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Argo Lestari ini, berada di bawah posisi desa wisata dari Semarang, Cilacap dan Kabupaten Rembang yang meraih juara I, II, & III.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Mulyanto mengatakan, Festival Desa Wisata tersebut dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia pengelola Desa Wisata.

“Pengalaman yang diperoleh selama mengikuti festival, tentunya dapat untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan dan sekaligus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” kata Mulyanto, Rabu (26/7).

Dalam festival tersebut, pengelola desa wisata Tanalum menyuguhkan atraksi seni lesung, cinderamata berupa hasil hutan, obat, dan serbuk minuman herbal, kuliner, serta beberapa produk khas lainnya.

Kepala Dinas Pemuda Olah raga dan Pariwisata (Dinporapar) Provinsi Jawa Tengah, Urip Sihabudin berharap, pengembangan desa wisata harus terus mendapat perhatian. Rumah-rumah masyarakat di desa wisata, sangat potensial dikembangkan sebagai homestay untuk para wisatawan menginap.

“Berbagai potensi yang ada di desa, sangat mungkin dikembangkan dan dapat mewujudkan kegiatan berbasis usaha ekonomi masyarakat. Tentunya harus dikemas dengan cara yang kreatif dan inovatif,” kata Urip Sihabudin. (cr)

Komentar

komentar