BANYUMAS, SATELITPOST-Libur panjang harus dilalui dengan sabar oleh para pengguna jalan yang melintas melalui jalur selatan Purwokerto-Tegal. Sabtu kemarin (29/4) terjadi kemacetan hingga 15 Km di Kretek, Paguyangan Brebes.

Kemacetan terjadi lebih dari lima jam sejak Sabtu sore hingga tengah malam. Dari arah Tegal kemacetan mencapai lebih dari 10 Km hingga Jalan Lingkar Bumiayu. Sedangkan dari arah Purwokerto, kendaraan mengantre hingga 5 Km perbatasan Brebes dan Banyumas.

Pihak kepolisian setempat mengalihkan kendaraan supaya tidak masuk ke jalur tengah. Sejumlah kendaraan kecil memilih melewati jalan alternatif melewati perkampungan.

Di Pertigaan Ajibarang, jalur selatan Ajibarang-Brebes ditutup selama lima jam, agar tidak terjadi kemacetan yang lebih parah.

“Sabtu sore kemarin (29/4), jalan kami tutup. Tidak boleh ada yang melintas melalui jalan Ajibarang-Brebes. Kami tutup selama lima jam, ” kata Kaposlantas Ajibarang, Aiptu Miswanto.

Jalan dibuka kembali, kata dia, setelah mendapat informasi pantauan lalu lintas bahwa kemacetan di Kretek, Paguyangan Brebes sudah terurai dan lalu lintas kembali lancar.

Menurutnya kamacetan terjadi akibat amblesnya satu ruas jalan di sekitar pembangunan fly over di Desa Kretek, Kacamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Sedangkan kondisi lalu lintas terbaru, menurut Aiptu Miswanto, lalu lintas dari Ajibarang hingga Bumiayu sudah kembali normal. Kemacetan sudah terurai, kendaraan bus juga sudah melintas di jalur tersebut.

“Untuk arus balik pada libur panjang akhir pekan ini relatif normal. Tidak seperti saat hari Sabtu kemarin. Hari ini padat, tapi lancar, ” kata dia. (kim)

Komentar

komentar