Menjadi dosen sudah menjadi pilihan bagi seorang Pratik Hari Yuwono SSn MA. Alumni Institut Seni Indonesia ini tengah menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Menurutnya, dosen merupakan satu profesi yang mulia.

Mengabdi pada dunia pendidikan, tidak hanya dijalani Pratik di dalam negeri saja. Tahun 2017 ini, Pratik mendapat kesempatan mengajar di Bulgaria, tepatnya di Sofia University Bulgaria.‎ Melalui program Scheme for Academic Moblity Exchange (Shame) Bahasa Indonesia Penutur Asing (Bipa) dan Seni.

“Ini merupakan program yang didukung Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi, dengan mengirimkan dosen ke berbagai Perguruan Tinggi Luar Negeri untuk mengajar bahasa, seni, atau budaya Indonesia atas permintaan Kedutaan Besar Republik Indonesia,” kata dia.

Selama di Bulgaria, ia menjalankan aktivitasnya dalam program Shame Bipa yakni mengajar Program Pengajaran Bahasa Indonesia di Sofia University.  Pengajaran Bahasa Indonesia di Bulgaria merupakan satu mata kuliah di Program South, East and South-East Asia.

Menurut dia, Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah bahasa yang cukup diminati dalam program studi tersebut. Dengan jumlah 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia pada semester ini.

Selain aktivitas utamanya tersebut, Pratik juga aktif dalam berbagai kegiatan KBRI untuk Bulgaria. Di antaranya yakni melatih Angklung dan Kolintang. Dengan peserta merupakan staf KBRI dan warga Indonesia di Bulgaria, serta mahasiswa Sofia University maupun warga negara Bulgaria yang tertarik dengan budaya Indonesia.

Hasil pelatihan tersebut, kata dia nantinya akan dipentaskan di Bazar 2017 yang dikelola International Women’s Club of Sofia dan akan ditampilkan pada penutupan kelas bahasa Indonesia di Sofia University. (alf)

 

Komentar

komentar

BAGIKAN