PURBALINGGA,SATELITPOST-Dana sejumlah Rp 24 miliar akan digunakan untuk mengatasi penerangan jalan kabupaten. Rencananya, penggarap proyek tersebut akan dilakukan mulai Agustus mendatang. Beberapa ruas jalan kabupaten yang akan dipasang lampu, di antaranya Karangreja-Bobotsari-Kalimanah-Jompo-Rembang-Bukateja.

“Habis bulan Agustus nanti Insya Allah akan dilaksanakan pemasangan lampu penerangan jalan yang warnanya putih. Dalane omber lampune padang rezekine akeh anake pada sekolah, dadi pikirane blong ora bundet,“ kata  Bupati Purbalingha Tasdi SH MM, Jumat (9/6).

Dia menjelaskan, besaran dana Rp 24 miliar tersebut terdiri dari Rp 21 miliar dari Bantuan Gubernur. Sedangkan Rp 3 miliar dana yang bersumber dari APBD. Pemasangan lampu diperuntukan untuk jalan kabupaten yang selama ini masih belum tersentuh lampu penerangan jalan. “Di antaranya yaitu ruas jalan  Karangreja-Bobotsari-Kalimanah-Jompo-Rembang-Bukateja, dsb,” ujarnya.

Selain lampu penerangan jalan, Tasdi juga menyampaikan rencana pelebaran jalan. Beberapa wilayah  diantaranya yakni ruas jalan Kutasari, ruas jalan Serang-Karangreja, dan ruas jalan Bobotsari-Karanganyar.  Ruas jalan Dukuh Kati-Jumput yang terletak di Desa Tlahab Lor merupakan ruas jalan yang menelan biaya cukup besar, hampir Rp 27 miliar.

“Jalan Dukuh Kati-Jumput, adalah jalan yang termahal di Purbalingga. Memiliki panjang 500 meter yang di Cor dengan kedalaman 0,5 meter menelan biaya Rp 5 miliar. Jalan tersebut merupakan jalan tembus baru yang menghubungkan dengan Obyek Wisata Goa Lawa,” kata dia.

Lebih lanjut Tasdi menyampaikan, terkait pembangunan jalan. Pihaknya berencana akan melebarkan seluruh ruas jalan kecamatan sesuai aturan, yakni lebar 7 meter. Karena, pembangunan infrastruktur jalan dinilai sangat penting menunjang kemajuan Purbalingga.

“Sehingga nanti antar kecamatan akan saling terhubung, aksesnya mudah. Hal itu bisa menunjang kemajuan Purbalingga dari berbagai bidang, sekolah gampang, usaha lancar, dan akses wisata juga mudah,” kata dia. (min)

 

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY