BUPATI Cilacap, H Tatto S Pamuji menyerahkan piala kepada Dika Nusa Bila sebagai Juara 1 Lomba Bercerita tingkat Kabupaten dalam peringatan Hardiknas di Alun-alun Cilacap, Selasa (2/5). SATELITPOST/RENNY TANIA

CILACAP, SATELITPOST-Sekolah harus bisa menjadi taman bagi pra siswa-siswinya. Sehingga mereka akan belajar dengan senang dan bahagia.

 

Hal ini yang diungkapkan oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji usai pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional di Alun-alun Cilacap, Selasa (2/5).

 

“Ki Hajar Dewantoro membuat sekolah yang disebut Taman Siswa. Kenapa “Taman”, karena sekolah harus bisa menjadi taman, artinya guru bertugas agar bisa menyenangkan anak didiknya, membuat  tempat yang menyenangkan. Jadi mereka akan senang belajar,” kata Bupati.

 

Dengan sekolah yang menyenangkan ini, maka kata dia para siswa akan menjadi senang belajar, bahkan bisa meningkatkan kreativitasnya. Sehingga tujuan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan bisa dilakukan.

 

“Cilacap harus tingkatkan SDM melalui pendidikan. Jadi harga mati, dan melalui Bangga Mbangun Desa pilar Pendidikan, menjadi prioritas utama,” katanya.

 

Dengan SDM yang berkualitas, maka mereka bisa turut andil dalam pengelolaan potensi dan sumberdaya alam yang ada di Cilacap. Karena Cilacap memiliki kekayaan alam yang sangat banyak.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Warsono, mengatakan berharap dalam momentum Hardiknas tahun 2017 ini, untuk melangkah bersama dengan jajaran pendidikan untuk membawa pendidikan Cilacap lebih baik.

 

“Sesuai dengan instruksi dari menteri, ada tiga hal yang harus melakukan pembenahan di tiga unsur dalam hari Pendidikan Nasional ini. Pertama SDM, sarpras, dan metodenya. Dan kita akan mengikuti irama, meski kita sudah menuju ke arah itu,” ujarnya. (ale)

Komentar

komentar