SEKDA Banjarnegara memimpin pemusnahan miras di Halaman Setda Banjarnegara, Selasa (2/5). SATELITPOST/GATOT HC

BANJARNEGARA, SATELITPOST- Sebanyak 1.117 botol minuman keras berbagai merk dimusnahkan oleh Polisi penegak peraturan daerah atau Satpol PP Banjarnegara di halaman kantor Setda Banjarnegara, Selasa (2/5).

Kasatpol PP Banjarnegara, Aris Sudaryanto mengatakan, miras tersebut dimusnahkan setelah ada ketetapan hukum atau sudah adanya putusan persidangan tindak pidana ringan. “Miras tersebut hasil sitaan razia penyakit masyarakat di akhir tahun 2016 lalu yang disita dari sejumlah warung dan tempat hiburan,” katanya. Selain miras botolan, juga dimusnahkan puluhan liter miras tradisional yaitu ciu dan tuak.

Menurut dia, pemusnahan tersebut sebagai wujud komitmen perlawanan Pemkab Banjarnegara terhadap peredaran miras jenis apapun termasuk sebagai upaya untuk menegaskan dalam persiapan razia pekat menjelang bulan suci Ramadhan. “Para penjualnya dikenakan hukuman sesuai dengan ketentuan yaitu kena tipiring,” katanya.

Sekda Banjarnegara, Fakhrudin Slamet Susiadi mengatakan, dalam perlawanan terhadap peredaran miras, dibutuhkan peran aktif dari masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk kelompok-kelompok masyarakat. “Di Banjarnegara, sesuai dengan Perda no 8 tahun 2008, bahwa Banjarnegara harus bebas dari minuman keras,” katanya.([email protected])

Komentar

komentar