PURBALINGGA, SATELITPOST-Tim musikalisasi puisi SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga berhasil mendapatkan peringkat pertama dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni Pelajar Muhammadiyah se-eks Karesidenan Banyumas. Acara yang di selenggarakan di kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada Sabtu 27 Agustus 2017.

Pada kesempatan itu tim musikalisasi puisi SMA Muhammadiyah berhasil meraih peringkat pertama. Menurut pelatih musikalisasi puisi SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga Dwi Pebriantoro SPd atau akrab dipanggil Ucil, timnya baru pertama kali mengikuti lomba tersebut. Dia mengatakan, latihan pun baru sekitar lima hari.

“Tetapi berkat kerja keras dari tim di antaranya Tri Indah, Ziqi Muslimah, Yudha Pratama, Aldi Sutopo, Asri Amar Ma’ruf, Ari Purwanto, dan Alifia Meideline kami berhasil menjadi yang terbaik dari kabupaten lain,” katanya.

Dia mengatakan, setelah ajang itu, pihaknya akan mempersiapkan lagi ke tingkat provinsi yang rencananya akan diselenggarakan sekitar November 2017. Selain itu juga dalam lomba baca puisi yang diikuti oleh Ikrom Rifa’i juga mendapatkan urutan pertama di ajang tersebut.

Dalam ajang musikalisasi puisi itu diperlombakan baca puisi, musikalisasi puisi, pemilihan dai remaja (pildarem), dan kaligrafi. Tetapi yang akan maju di tingkat provinsi adalah baca puisi dan musikalisasi puisi. Tim yang ikut ajang itu adalah dari Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, dan Cilacap.

“Maka dari itu sedang saya persiapkan lagi lebih matang dari sebelumnya. Dengan memakai saran dari dewan juri yaitu menambah unsur etnik dan tradisi untuk penggarapan musiknya dan pematangan di vokalnya,” katanya.

Dia mengatakan, kejuaraan tersebut membuat dirinya berinisiatif mengembangkan bakat seni yang dimiliki oleh para siswa. “Apalagi saya juga masih sekitar 2 bulan bergabung di SMA 1 Muhammadiyah perlu banyak adaptasi. Maka dari itu rencananya pada hari Sabtu 9 September saya akan menggelar workshop teater di sekolah untuk mencari bakat anak dan tentunya untuk pemantapan persiapan lomba tahap berikutnya,” katanya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga Drs Dody Prastowo mengatakan, pihak sekolah cukup bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak didiknya. Prestasi itu tak lepas dari kerjasama antara siswa dengan guru. “Di SMA ini banyak siswa yang berprestasi dan didukung juga oleh para guru yang berpotensi. Sekolah juga akan terus mendukung setiap kegiatan kesiswaan demi mencapai prestasi baik di bidang seni, olah raga maupun keislamannya,” katanya. Dia pun mengharapkan tim musikalisasi puisi dan baca puisi di ajang tingkat provinsi mendapatkan yang terbaik. (gat)

Komentar

komentar