PURBALINGGA, SATELITPOST-Bupati Tasdi berjanji bakal meningkatkan kesejahteraan guru PAUD di Purbalingga. Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan seminar pendidikan anak usia dini di aula PGRI Kabupaten Purbalingga, Sabtu (29/4).

Sarjono, Ketua PGRI Purbalingga mengatakan, sampai sekarang guru PAUD di Purbalingga hanya mendapatkan upah Rp 350 ribu per bulan. Uang tersebut kata dia, masih sangat jauh di bawah sejahtera.

“Bupati sudah berjanji akan meningkatkan kesejahteraan guru PAUD. Tapi kemungkinan akan mulai tahun 2018, dan harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM,” kata Sarjono, Senin (1/5).

Dalam seminar tersebut, Dr Hj Yasmine Yuliantina Yessy Gusman SH MBA, pakar pendidikan usia dini, hadir sebagai pembicara. Yessy mengkritisi masih diterapkannya sistem ranking di banyak sekolah. Sistem itu, kata dia, hanya membuat kebanggaan beberapa peserta didik saja. Sementara siswa lain yang tidak mendapat ranking, justru akan merasa minder dan terbebani.

“Bukankah Allah menciptakan manusia dengan berbagai kesempurnaan? Kenapa harus ada ranking, dan sepuluh terbaik? Bagaimana dengan yang lain? Itu sangat mengecilkan hati anak-anak kita,” kata dia.

Ia mengungkapkan, untuk menciptakan generasi emas perlu adanya sistem pendidikan yang bermutu sejak usia dini. Yakni pendidikan yang tidak hanya menghasilkan orang-orang yang cerdas saja, namun juga dapat melahirkan good citizen.

“Model pendidikan yang ditegakan di Indonesia, masih mengukur kecerdasan seorang anak dengan sistem ranking, dengan tolok ukur yang terbatas. Padahal, manusia memiliki delapan kecerdasan yang menunjukan kompetensi itelektual berbeda-beda,” katanya. (alf)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY