TEBING setinggi 15 meter longsor di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Jumat (9/6). longsor tersebut menutup aliran sungai Bangkong. SATELITPOST/AULIA EL HAKIM

AJIBARANG, SATELITPOST-Tebing setinggi 15 meter longgsor di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Jumat (9/6). Longsor tersebut menutup aliran Sungai Bangkong.

Karena terjadi di malam hari, tebing longsor tersebut hanya diperiksa oleh warga namun tidak langsung dibersihkan.

“Tidak ada korban jiwa. Namun kandang sapi milik pak Dul Iman dalam kondisi terancam. Jadi paginya kami langsung membersihkan longsoran dan mengevakuasi,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Kusworo.

Ia mengatakan, selain terancamnya kandang sapi milik Dul Iman, longsor juga mengakibatkan lahan sawah milik Ridwan terancam terkena longsoran.

“Tebing yang longsor itu tingginya 15 meter, dengan lebar 30 meter dan mengakibatkan tumpukan longsor setebal 4 meter,” kata dia.

Adapun tanah longsor yang membendung Sungai Bangkong, kata Kusworo, sudah  dibersihkan. Sehingga aliran sungai dapat mengalir kembali dan tidak menimbulkan banjir.

“Bersama warga, Muspika Ajibarang dan Tagana tanah longsor yang membendung Sungai Bangkong dibersihkan. Aliran sungai sudah kembali normal,” kata dia. Kusworo mengimbau warga setempat untuk tetap berhati-hati. (kim)

Komentar

komentar