BANYUMAS, SATELITPOST– Parkir ganda di Ajibarang yang diberlakukan selama ini dihapuskan. Pengunjung pasar cukup sekali membayar retribusi parkir di pintu gerbang dan tidak perlu membayar lagi ke petugas parkir di dalam pasar seperti sebelumnya.

Bupati Banyumas, Achmad Husein kemarin (8/6) memfasilitasi pertemuan para pengelola parkir pasar Ajibarang. Bersama jajaran Muspika Kecamatan Ajibarang, akhirnya diputuskan pembayaran parkir hanya di pintu masuk saja.

Pada pertemuan di Pendopo Kecamatan Ajibarang tersebut, diputuskan pengelola parkir baru diketuai oleh Koco Suroso dan Edi Romadhon sebagai Ketua dan Wakil Ketua.

Ketua Pengelola Parkir Pasar Ajibarang, Koco Suroso mengatakan, pembaharuan pengelolaan parkir tersebut akan  dimulai pada hari ini (9/6).

“Jadi sesuai dengan kesepakatan nantinya pengendara kendaraan bermotor hanya akan ditarik retribusi di pintu depan saja. Setelah itu masuk tidak ada lagi penarikan retribusi parkir lagi, ” kata dia.

Dalam pengelolaan baru ini, kata Koco, akan dipetakan jumlah potensi pendapatan dari parkir di Pasar Induk Ajibarang. Sebab dari sebelumnya penarikan pintu depan pasar terjadi kebocoran pendapatan hingga 30 ℅.

Adapun jumlah personel petugas parkir yang akan diberdayakan dalam manajemen baru ini sekitar 92 personel. Jumlah tersebut terdiri dari 47 petugas parkir yang sebelumnya bekerja di PT Linggarjati Permai dan 45 personel petugas parkir yang berasal dari paguyuban petugas parkir pasar.

“Untuk mendorong kinerja organisasi yang baik, diperlukan pembenahan manajemen sekaligus kesolidan para petugas personel parkir, ” kata dia.

Menurutnya, akan dipikirkan dan diperhatikan kembali terkait regulasi dan pengaturan kerja  serta kesejahteraan para personel petugas parkir.

Menurut Wakil Ketua Pengelola Parkir Pasar Ajibarang, Edi Romadhon. Petugas parkir masih diperbolehkan menerima bonus dari pemilik kendaraan jika ada yang memberikan uang selain di pintu masuk.

“Jadi ketika ada pengunjung pasar yang memberikan uang jasa atau bonus maka tak masalah. Karena itu bukan retribusi parkir yang telah ditarik di depan, ” kata dia. (kim)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY