Tim nasional karate Indonesia untuk SEA Games 2017. FOTO NET

JAKARTA, SATELITPOST-Tim nasional (timnas) karate Indonesia untuk SEA Games 2017 akan menggelar pemusatan latihan alias training camp (TC) di dua negara berbeda pada pertengahan Juni ini.

Rencananya, timnas nomor kata akan menjalani TC di Jepang, sedangkan nomor kumite melakoni TC di Prancis.

“Training camp ini sangat penting bagi kami, sebagai bekal menuju try out pada Kejuaraan Asia di Kazakhstan dan SEA Games 2017,” ujar karateka putra, Jintar Simanjutak, saat berdialog dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi di hall latihan, Jumat (9/6).

“Tim kumite memilih TC di Marseille, Prancis, karena saat ini Prancis adalah negara yang kuat untuk nomor kumite. Pelatih kumite kami pun dari Prancis,” ujar Jintar.

“Tim Kata ke Jepang, karena sampai sekarang pusat untuk teknik dan seni karate memang berada di sana,” kata Jintar lagi.

Timnas karate dijadwalkan bertolak ke Prancis dan Jepang pada 19 Juni mendatang. Jika tidak ada aral melintang, program TC di luar negeri ini akan berlangsung hingga 7 Juli.

Setelah itu, timnas karate akan kembali berkumpul pada Kejuaraan Karate Asia di Astana, Kazakhstan, 9-17 Juli.

“Untuk itu, kami mohon dukungannya untuk penyediaan peralatan latihan dan pertandingan,” kata Jintar.

“Sejauh ini, FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia) memang masih menyediakan peralatan untuk berlatih, tetapi sebagian besar sudah rusak dan ini tidak memenuhi standar federasi karate dunia,” ujar Jintar.

“Kami bisa diusir keluar dari turnamen apabila peralatan kami tidak memenuhi standar,” kata karateka nasional yang turun pada nomor kumite kelas 67 kilogram (kg) itu.

Karate menjadi salah satu cabor yang diproyeksikan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk mendulang medali emas.

Empat tahun lalu, karate menyumbang dua medali emas melalui Jintar dan Umar Syarief yang turun pada nomor kumite kelas 84 kg.

Pada SEA Games 2015 di Singapura, tim nasional karate Indonesia tidak menyumbang medali karena cabor karate tidak dipertandingkan. (enk)

Komentar

komentar