PESERTA Pelatihan mendengarkan penjelasan tata cara penanaman metode hidroponik di Pusat Pelatihan dan Kebun Hidroponik, Langen, Kutasari, Baturraden, Senin (1/5). SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH

BATURRADEN, SATELITPOST-Yayasan Hidroponik Center menggencarkan pelatihan bagi sejumlah warga desa yang ada di Kabupaten Banyumas. Antara lain warga Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas. Pelatihan di gelar di Kantor Diklat Disnaker Jalan Raya Baturraden Kilometer 5, Kecamatan Baturraden, Senin (1/5).

Menurut keterangan Ketua Yayasan Hidroponik Center, Ady Gondrong untuk pelatihan tersebut diikuti sebanyak 35 orang dari ibu-ibu serikat tani Desa Kediri dan beberapa penggemar hidroponik lainnya. “Kegiatan kita gelar sejak pukul 09.00 sampai sore hari. Dari mulai teori hingga prakteknya kita ajarkan,” kata dia.

Pelatihan praktiknya dari mulai penyemaian, pemindahan dari penyemaian ke instalasi hidroponik dengan cara memberi nutrusi sampai panen. “Kemudian kita berikan cara pembuatan intalasi hidroponik, dengan segala sistem sampai instalasi yang sangat murah yakni dengan menggunakan barang-barang bekas,” ujar dia.

Lebih lanjut, Ady mengungkapkan jika kegiatan ini digencarkan oleh pihaknya dengan target satu hari satu desa diberikan pelatihan. Namun, tergantung dari pemerintah desa itu sendiri maupun masyarakatnya. “Kita di sini menyumbangkan tenaga dan pikiran sedangkan fasilitas lainnya kita serahkan ke pemerintah desa setempat,” katanya.

Diharapkan dengan pelatihan  tersebut, masyarakat di desa-desa yang ada di Kabupaten Banyumas bisa memanfaatkan lahannya dengan membuat hidroponik yang murah meriah yakni menggunakan peralatan seadaanya atau bekas. (san)

 

Komentar

komentar