Ada 231 Kasus HIV/AIDS di Purbalingga

PEMBICARA memaparkan materi dalam sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Aula Kecamatan Karangjambu, Rabu (7/11/2018).SATELITPOST/AMIN

PURBALINGGA, SATELITPOST – Selama tiga tahun terakhir, di Purbalingga diketahui terdapat 231 kasus HIV/AIDS. Jumlah tersebut berdasarkan temuan klinik VCT di RSUD Goeteng Tarunadibrata ditambah data konsolidasi yang diperoleh dari hasil monitoring di puskesmas dan bidan desa. Temuan kasus tersebut terjadi peningkatan di tahun 2017 yang mencapai 93 kasus.

“Sampai Oktober 2018, terdapat 72 kasus HIV/AIDS, tahun 2017 ada 93 kasus, dan 2016 ada 66 kasus,” kata sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Purbalingga, Heny Ruslanto, usai kegiatan sosialisasi di Aula Kecamatan Karangjambu, Rabu (7/11/2018).

Heny menyampaikan, pihaknya terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk menanggulangi masalah HIV/AIDS di Purbalingga. Satu di antaranya dengan aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan VCT di klinik RSUD Goeteng Tarunadibrata juga terus dilakukan, dan juga konsolidasi dengan puskesmas dan bidan desa melakukan monitoring.

“Jadi di wilayah-wilayah juga puskesmas dan bidan desa melakukan monitoring. Selain untuk melakukan penanggulangan juga pencegahan terhadap HIV/AIDS di masyarakat,” katanya.

Sosialisasi tersebut juga tidak hanya soal menitikberatkan pencegahan dan penanganan terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Namun, memberikan kesadaran juga pada masyarakat pada umumnya, tentang pandangannya terhadap penderita HIV/AIDS. “Jadi berusaha menghilangkan stigma yang salah di masyarakat tentang ODHA,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, dihadirkan pemateri yakni Emmy Subagyo dari RSUD Goeteng Taroenadobrata. Emmy menyampaikan tema penularan dan pencegahan HIV-AIDS dan tentang jenazah orang dengan HIV/AIDS. Pembicara kedua yaitu Supriyatno, perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga, terkait kebijakan pemerintah daerah kabupaten Purbalingga dalam pelaksanaan penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS. (min)