BUPATI Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyerahkan beras rastra kepada warga di Kelurahan Mertasinga Kecamatan Cilacap Utara, Rabu (24/1).SATELITPOST/RENNY TANIA

CILACAP, SATELITPOST-Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Perum Bulog  Subdivisi Regional  Banyumas mulai salurkan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) tahun 2018 untuk meringankan beban Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tercatat ada sebanyak 141.764 KPM di Kabupaten Cilacap yang akan menerima beras bantuan pemerintah secara cuma-cuma ini. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara, Rabu (24/1).

“Kita salurkan Bansos Rastra bersamaan dengan tiga kabupaten di Eks Karesidenan Banyumas. Yakni Banyumas, Purbalingga, dan Cilacap. Untuk Kapubaten Banjarnegara kita sudah mulai dari kemarin,” kata Kepala Perum Bulog Subdivisi Regional Banyumas, Setio Wastono.

Dijelaskan, untuk penyeraan secara simbolis di Kelurahan Mertasinga, Bulog salurkan sebanyak 6.450 kilogram (kg) beras rastra. Dengan jumlah sasaran ada 645 KK. Yang artinya masing-masing kepala keluarga akan menerima 10 kg.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap U’ong Suparno mengatakan, penyaluran Bansos Rastra diberikan dalam bentuk beras berkualitas medium sejumlah 10 kg per penerima manfaat per bulan.

“Penyaluran Bansos Rastra pada prinsipnya dilaksanakan setiap bulan, KMP menerima tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, U’ong juga mengungkapkan Bansos Rastra ini nantinya mulai bulan Maret 2018 akan bertransformasi menjadi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Bantuan Pangan Non Tunai diberikan dalam bentuk rekening tabungan dengan besaran bantuan Rp 110.000/KPM/bulan. Setiap KPM diberikan kartu keluarga sejahtera yang berfungsi sebagai ATM. Namun tidak bisa diambil tunai dan hanya dapat ditukarkan dengan beras dan atau telur. Serta bantuan dapat disisakan dan akan terakumulasi dalam rekening bantuan pangan,” ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan yang terpenting dari Bansos Rastra ini adalah tidak bayar atau gratis, walaupun volumenya dikurangi. Yang tadinya 15 kg menjadi 10 kg.

“Dan yang lebih penting lagi bantuan ini ditujukan untuk mereka-meraka yang memang sangat membutuhkan. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada Bulog yang telah ikut bekerja sama,” kata dia.(cr2)