ABYAN, bayi 7 bulan dari Patikraja yang alami penyakit langka.ISTIMEWA
ABYAN, bayi 7 bulan dari Patikraja yang alami penyakit langka.ISTIMEWA

BANYUMAS, SATELITPSOT- Abyan, bayi laki-laki berusia 7 bulan asal Desa Kedungrandu RT 03 RW 03 Kecamatan Patikraja ini harus menanggung rasa sakit pada tubuh mungilnya akibat kanker yang menyerang seluruh jaringan melalui sel darahnya.‎ Putra ketiga pasangan Tri Yuniarto dan Hilmah tersebut didiagnosa terkena kelainan genetik histiocytosis atau Langerhans Cell Histiocytosis ( LCH), penyakit yang tergolong masih langka.

Ibunda Abyan, Hilmah merujuk buah hatinya tersebut ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta pada Jumat (8/2) lalu setelah sebelumnya dirawat di RSUD Banyumas. Bayi mungil tersebut harus menjalani serangkaian kemoterapi yang cukup lama di rumah sakit tersebut. ” Dijadwalkan melakukan 24 kemoterapi. Saat ini baru satu kali. Masih lama prosesnya,” kata Hilmah melalui sambungan telepon.

Lamanya proses kemoterapi membuat kedua orangtua Abyan mau tidak mau harus mencari pondokan sementara di kota tersebut. Demi kesembuhan buah hatinya, kedua orangtua Abyan terpaksa meninggalkan sementara pekerjaan mereka.

Ibunda Abyan sebagai guru wiyata bhakti di SDN 1 Patikraja bagian perpustakan serta ayahnya yang menjadi petugas keamanan dengan job hanya 10 hari kerja dalam sebulan. Meski biaya pengobatan sudah dicover BPJS, namun penghasilan orangtua Abyan yang jauh dari cukup membuat keluarga ini membutuhkan bantuan untuk biaya hidup selama masa pengobatan di Yogyakarta. “Kami sedang mencari pondokan murah, karena rumah singgah milik rumah sakit hanya boleh dipakai sesaat saja,” katanya.

Meski tengah dilanda kesusahan, namun Hilmah mengaku bersyukur karena masih dikelilingi dengan orang-orang baik. Rekan sesama guru bahkan sudah menggalang donasi untuk biaya akomodasi selama pengobatan yang disebar melalui media sosial. Ia berharap, keikhlasan para dermawan akan membuahkan pahala dan kesembuhan bagi putra tercintanya.

Alhamdulillah Allah menitipkan cobaan ini untuk keluarga kami. Insyaallah kami kuat dan tetap semangat demi kesembuhan Abyan. Mohon doanya,” katanya.

Kanker langka yang menyerang Abyan diketahui saat bayi ini berusia 2 bulan dengan gejala kulit yang memerah disertai  benjolan benjolan kecil hampir diseluruh bagian tubuh. Awalnya, orangtuanya mengira itu hanya keringat buntat. Namun setelah diobati beberapa kali baik ke dokter anak maupun dokter spesialis kulit, penyakit tersebut tak kunjung hilang.

Puncaknya, bayi kecil itu mengalami drop dan dilarikan ke RSUD Banyumas selama kurang lebih satu bulan. Selain kulit yang memerah seperti keringat buntat, diketahui di rahang kiri sang bayi juga terdapat benjolan yang didiagnosa kanker ganas.

Jika pembaca berkenan membantu meringankan beban penderitaan bayi ini.‎ Bisa donasikan sebagian rizki melalui rekening Bank Jateng Cabang Purbalingga Nomor rekening 2027196341 ‎Atas nama Barda Family Lumampah Shodaqoh dengan‎ Konfirmasi transfer ke Tutik Javier (0856 4106 3335) atau Diah Kusumawardhani (0856 4373 1161). (rar)