SOKARAJA, SATELITPOST-Seorang pemancing menemukan sosok bayi yang diperkirakan baru lahir di Sungai Pelus ikut Dusun Tonjong RT 3 RW 1, Desa Pamijen, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Sabtu (9/2). Atas penemuan tersebut pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait orangtua yang tega membuang bayi tersebut.

Menurut keterangan Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIk melalui Kapolsek Sokaraja, AKP Kusnadi SH kasus penemuan jenazah bayi tersebut sekitar pukul 17.00 WIB. Mulanya seorang pemancing yakni Sulham (52), warga Desa Ledug, Kecamatan Kembaran sedang memancing di sungai tersebut.

“Saat saksi sedang memancing di Sungai Pelus mencium bau busuk. Karena penasaran kemudian saksi mencari sumber bau tersebut dan melihat adanya mayat bayi yang tersangkut ranting bambu di pinggir sungai itu,” kata dia, Minggu (10/2).

Melihat sosok mayat bayi tersebut, Sulham langsung memanggil rekannya Suhir (55), warga sekitar yang sedang mandi di sungai tersebut. Mereka berdua pun mencoba mendekati jenazah bayi dan mengangkatnya ke tepi sungai. “Atas kejadian tersebut mereka menghubungi ke kadus setempat hingga kemudian menghubungi Polsek Sokaraja,” ujar Kusnadi.

Kapolsek yang mendapati laporan tersebut langsung menuju ke lokasi kejadian dan melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan jenazah bayi tersebut berkelamin laki-laki. “Kemungkinan belum lama meninggalnya, jenis kelaminnya laki-laki panjang sekitar 46 sentimeter, lingkar kepala 33 sentimeter, lingkar perut 31 sentimeter, lingkar lengan kiri delapan sentimeter dan berat 1,5 kilogam,” kata dia.

Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait orangtua yang tega membuang bayi tersebut. Sedangkan untuk jenzah bayi tersebut dibawa oleh tim medis ke RSUD Margono untuk pemeriksaan lebih lanjut. (san)