Ilustrasi

PURWOKERTO, SATELITPOST-Seorang anak berusia 15 tahun dengan inisial SV, akhirnya dijatuhi hukuman bersalah dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto, oleh Hakim Tunggal Yulanto Prafifto Utomo. SV terbukti bersalah telah melakukan aksi pencurian. Atas perbuatannya ia mendapatkan hukuman pidana pembinaan.

Menurut Hakim terdakwa terbukti sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang dijerat dengan Pasal 363 ayat (1), ke-4, 5 KUHP. Atas tindak pidana ini, terdakwa dijatuhi hukuman pidana pembinaan di Panti Sosial Antasena, Magelang selama enam bulan dikurangi masa tahanannya.

Kasus yang menjerat terdakwa sendiri bermula pada Minggu, 9 Juli 2017, saat itu sekitar pukul 13.00 WIB, terdakwa melintas di depan rumah Chandra Kaptono, warga Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara. Melihat kondisi rumah korban dalam keadaan sepi, timbul niat terdakwa untuk mencuri.

Terkdawa kemudian masuk ke dalam rumah melalui jendela. Kemudian dengan besi yang berada di bawah jendela, terdakwa mencongkel jendela kamar. Setelah berhasil kemudian membuka dan masuk ke dalam kamar. Dari dalam kamar, terdakwa mengambil sebuah handphone dan juga uang tunai yang berada di dalam dompet.

Mendapati barang curian, terdakwa kemudian pergi ke Kelurahan Sumampir untuk bermain playstation. Sekitar pukul 15.00 WIB, terdakwa kemudian pergi ke sebuah warnet dan bertemu dengan rekannya Reza Dzulkarnaen yang kemudian disidang terpisah.

Terdakwa kemudian bercerita kepada Reza bahwa ia baru saja melakukan aksi pencurian. Hingga kemudian terdakwa mengajak Reza untuk mencuri kembali di rumah itu. Keduanya akhirnya kembali ke rumah korban dan mengambil uang tunai Rp 1.530.000. Setelah beberapa saat kemudian korban yang merasa kehilangan barang-barangnya kemudian melaporkan kepada polisi, dan kedua terdakwa pun ditangkap.

Atas putusan pembinaan yang lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Afri Erawati SH, baik JPU maupun terdakwa menerima putusan itu.([email protected])

Vonis Bocah Pencuri

  1. Terdakwa melintas di depan rumah Chandra Kaptono, warga Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara Minggu, 9 Juli 2017
  2. Melihat kondisi rumah korban dalam keadaan sepi, timbul niat untuk mencuri.
  3. Terdakwa masuk ke rumah melalui jendela kamar
  4. Terdakwa mengambil HP dan sejumlah uang yang ada di domper
  5. Selang beberapa saat terdakwa mengajak temannya kembali mencuri di rumah yang sama
  6. Keduanya akhirnya kembali ke rumah korban dan mengambil uang tunai Rp 1.530.000
  7. Korban melapor ke Polisi dan polisi menindaklanjuti laporan ini hingga akhirnya terdakwa ditangkap
  8. Terdakwa divonis bersalah dan dijatuhi hukuman pidana pembinaan di Panti Sosial Antasena, Magelang selama enam bulan dikurangi masa tahanannya

Komentar

komentar