BUAYA terlihat di perairan Cilacap, Sabtu (11/5/2019). ISTIMEWA

CILACAP, SATELITPOST-Buaya muara kembali terlihat di sekitar hutan bakau di Segara Anakan, Selasa (21/5/2019). Keberadaan buaya ini terekam oleh kamera petugas Kecamatan Kampung Laut saat akan kembali ke Cilacap.

 

Video keberadaan buaya ini dishare di media sosial. Membuat semakin viral di masyarakat. Dari vidio tersebut terlihat seekor buaya berada di hutan bakau, sedang berdiam diri. Buaya berwarna hitam ini berukuran sekitar 3 meter dengan ukuran besar. “Buayanya ada dua gaes,” begitu suara perekam vidio.

 

Ketua Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan Cilacap, Tarmuji membenarkan adanya buaya  muara di Perairan Nusakambangan. Tapi belum dipastikan buaya tersebut merupakan buaya yang sama dengan yang terlihat beberapa saat lalu. “Itu di sekitar muara Ujung Alang Kampung laut atau sekitarnya,” katanya Selasa (21/5).

Baca Juga:

Muncul Buaya Misterius di Cilacap, Warga Penasaran Ingin Melihat

Tarmuji mengatakan jika pihaknya masih menunggu dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Cilacap terkait dengan tindak lanjut adanya buaya tersebut. “Kami masih menunggu perintah dari BKSDA,” ujarnya.

 

Kemungkinan besar, dengan adanya keberadaan buaya ini. Pihaknya akan melakukan pencairan ke lokasi sekitar.

 

Sebelumnya seekor buaya terlihat di Perairan Nusakambangan pada Sabtu (11/5). Pencarian terhadap buaya muara tersebut dilakukan oleh Tim Gabungan. Meskipun hasilnya masih nihil.

 

BKSDA meminta kepada masyarakat untuk tidak membunuh buaya tersebut. Karena pihaknya akan menggiring ke habitatnya, di sekitar perairan Nusakambangan. Meskipun demikian, pihaknya tetap meminta masyarakat dan nelayan untuk tetap waspada dan hati-hati. (ale)