BANJARNEGARA, SATELITPOST-Seekor anakan buaya muara ditemukan warga bernama Aji Prianto di hulu Sungai Serayu, Kamis (3/5/2018). Saat itu, Aji saat sedang memancing ikan di Desa Pucang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

Aji mengatakan, awalnya dia sedang memancing ikan di hulu Sungai Serayu. Namun tak lama berselang, pancingnya dimakan oleh anakan buaya jenis muara ukuran satu lengan orang dewasa. Buaya tersebut memiliki panjang sekitar 60 sentimeter.

“Saat itu saya sedang memancing ikan, namun kailnya mengenai buaya anakan. Awalnya saya kira biawak, namun ternyata buaya anakan,” katanya.

Simak Video: Sedang Memancing, Warga Banjarnegara ini Malah Dapat Buaya

Setelah penangkapan tersebut, dia menyerahkan buaya anakan jenis muara itu ke TRMS Serulingmas untuk dikarantina dan mendapatkan perawatan khusus. Penambahan satu ekor anakan buaya ini sekaligus menambah koleksi buaya muara milik TRMS menjadi 4 ekor.

Direktur TRMS Serulingmas Banjarnegara Tulut Yekti Adi mengatakan, penyerahan buaya anakan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat akan binatang yang dilindungi. Dia juga mengimbau pada masyarakat jika menemukan hewan yang dilindungi untuk segera melapor ke pihak berwajib.

“Hewan ini nanti akan kami koordinasikan dengan BKSDA yang ada di Cilacap. Buaya yang ditemukan warga ini jenis buaya muara, dan jenis ini termasuk yang dilindungi,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini buaya tersebut berada di TRMS Serulingmas dan dalam tahap karantina untuk perawatan. “Nanti tergantung keputusan dari BKSDA, apakah dititipkan tempat kami atau dibawa,” ujarnya. (oel)