WARGA menaiki bus rapid transit (BRT) saat uji coba di Terminal Bulupitu Purwokerto, Jumat (3/8).SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH

PURWOKERTO, SATELITPOST-Bus rapid transit (BRT) Koridor 1 Purwokerto-Purbalingga akhirnya dipastikan akan launching pada 13 Agustus mendatang. Kepastian ini setelah ada jawaban langsung dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

 

Sebelumnya untuk launching BRT ini mulai diwacanakan pada pertengahan Juli yang kemudian diundur sampai awal Agustus pada tanggal 9 Agustus. Kemudian direncanakan lagi akan diresmikan langsung oleh Ganjar pada 14 Agustus.

 

“Tadi siang kita rapat persiapan launching, dan sudah dipastikan untuk jadwal launching BRT pada hari Senin, 13 Agustus besok,” kata Kasi Angkutan Balai Perhubungan Wilayah V Jawa Tengah, Sudarmadji, Selasa (7/8).

 

 

Menurutnya untuk launching ini, sebelumnya memang menunggu kepastian kedatangan Gannjar Pranowo untuk meresmikan BRT. “Ini sudah rapat final, dan dipastikan akan launching di Terminal Bus Bulupitu Purwokerto Jam 10 pagi,” katanya.

 

 

Untuk kesiapan sendiri, kata dia, seperti ketinggian beberapa shelter yang tidak sama dengan pintu masuk bus, mulai diperbaiki. “Tadi saya dapat informasi, untuk shelter yang di terminal sudah mulai disesuaikan, belum tahu yang lain,” katanya.

 

 

Untuk tahap awal sebagai proses pengenalan, kata dia, bagi masyarakat yang ingin mencoba fasilitas armada angkutan baru di Purwokerto dan Purbalingga tidak akan dikenai biaya alias gratis mulai 13 sampai 15 Agustus 2018. “Kita gratiskan mulai hari peresmian sampai tanggal 15 Agustus atau selama tiga hari itu masyarakat dapat mencoba naik BRT,” katanya.

 

 

Untuk armada yang siap pada hari launching sendiri baru delapan unit. Untuk enam bus lainnya baru akan dikirim pada 22 Agustus mendatang. (nns)