CILACAP, SATELITPOST-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut Selatan Cilacap hingga Yogyakarta yang diperkirakan mencapai 6 meter, Selasa (11/6).

 

Berdasarkan citra satelit cuaca terdapat pola sirkulasi di Utara Laut Halmahera. Pola angin di wilayah Utara ekuator umumnya dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-15 knot. Sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-25 knot.

 

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, kecepatan angin tinggi tersebut mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang. Tinggi gelombang di wilayah perairan selatan Cilacap hingga Yogyakarta maupun Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta berpotensi mencapai kisaran 4-6 meter. “Karena masih dalam susasana libur lebaran, terutama untuk wisatawan harus berhati-hati dan jangan mandi di laut,” ujarnya.

 

Peringatan tersebut berlaku mulai tanggal 11 Juni-14 Juni 2019. Maka dari itu untuk para nelayan juga diharap tetap untuk mewaspadai angin dengan kecepatan cukup tinggi. Seorang pengunjung Pantai Kamulyan Cilacap Nurudin mengatakan, bahwa dirinya cukup khawatir dengan kondisi tersebut terutama untuk anak-anak. Apabila orang tua kurang perhatian bukan tidak mungkin bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

“Saya memang berniat berlibur di pantai dengan keluarga, namun gelombang cukup tinggi. Sehingga ya harus lebih waspada mengawasi anak-anak saat berada di pantai,” ujarnya. (and)