ilustrasi
ilustrasi

CILACAP, SATELITPOST-Warga Cilacap berhamburan keluar rumah setelah adanya goncangan gempa yang terjadi sekitar pukul 16.32 WIB, Minggu (9/6/2019). Goncangan gempa ini terasa selama beberapa detik dan sebanyak dua kali.

“Saya lagi mencuci piring langsung keluar rumah saat terasa ada goncangan, piring-piring saya tinggal,” ujar Fani, warga Kelurahan Gunung Simping ini.

Rendi, warga lainnya mengaku terbangun dari tidur akibat adanya gempa yang terjadi. “Saya lagi tidur di lantai, suaranya gemuruh banget kaya kereta, jadi saya bangun eh ternyata pada teriak ‘lindu-lindu’, ya ikut keluar rumah,” katanya.

Sama halnya dengan Hamidan warga Tegal Asri Kelurahan Tegalkamulyan. Dia juga mengatakan langsung keluar rumah bersama dengan warga lainnya.

“Kami berkumpul keluar rumah, dan langsung menunggu informasi resmi,” katanya.

Pasalnya lokasi perumahan Tegal Asri hanya berjarak sekitar 200 meter dari pantai selatan Cilacap. Sehingga masyarakat bisa langsung evakuasi diri jika gempa berpotensi tsunami.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Metoeorologi Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan gempa yang terjadi dengan magnitudo 5.7. Dengan lokasi berada di 88 km baratdaya Cilacap atau 107 km ke arah selatan kota Cilacap, dan kedalaman 10 km.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” ujarnya. (ale)