TERSANGKA Agus Refendi (19) saat diinterogasi anggota Unit Reskrim Polsek Cimanggu, Kamis(19/4).SATELITPOST/TASLIM INDRA

CIMANGGU, SATELITPOST-Jajaran Polsek Cimanggu berhasil mengungkap dan menangkap seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) dengan korban Ahmad Arif Rifai (16), Selasa (17/4/2018). Tersangka Agus Refendi (19) warga Jalan Pager RT 01 RW 04 Desa Karangreja Kecamatan Cipari ditangkap di area pasar Dusun Karangjambu Desa Caruy Kecamatan Cipari, sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto SIK MH melalui Kapolsek Cimanggu AKP Darsono SL SH mengungkapkan penangkapan usai dilakukan penyelidikan selama satu bulan. Hingga akhirnya pada Selasa lalu, polisi mendapat informasi keberadaan tersangka.

“Tersangka ditangkap saat sedang nongkrong di area pasar dusun,” ujar dia.

Tak hanya berhasil menangkap tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa sepeda motor Honda Vario warna biru tahun 2015 dengan nopol R-5535-BN.

baca juga: Ternyata Begini Kronologi Pembacokan di Teluk Penyu Cilacap

Kejadian pembegalan yang dialami Ahmad Arif Rifai warga Desa Salebu RT 05 RW 05 Kecamatan Majenang ini terjadi pada 16 Maret 2018 lalu.

Sekitar pukul 15.00 WIB, korban bertemu dengan tersangka. Entah bagaimana ceritanya, korban yang belum mengenal tersangka bersedia mengantarkannya ke daerah Karangreja Ciamanggu.

Sesampainya di daerah persawahan grumbul Congker yang masuk Dusun Karangtengah Lor Karangreja Kecamatan Cimanggu tersangka meminta korban untuk menghentikan kendaraannya.

Setelah berhenti, tanpa disangka tersangka melayangkan bogem mentah ke arah wajah koran. Mendorong tubuh korban hingga dia terjatuh ke sawah. Tak puas melihat korbannya jatuh, tersangka menghampiri dan menginjak-injak dada korban.

Dalam kondisi terluka, korban lantas diboncengkan tersangka menggunakan sepeda motor korban menuju daerah Cibungur Desa Mandala Kecamatan Cimanggu. Tepat di tepi sungai, tersangka mendorong korban hingga terjatuh ke dalam sungai.

Sementara itu, tersangka langsung melarikan diri dengan mengendarai sepeda motor milik korban. Beruntung korban Ahmad Arif Rifai mendapatkan pertolongan dari warga yang melintas di tempat kejadian.

baca juga: Tak Terima Dihina, Pria Cilacap Ini Bacok Mertua Pakai Kapak

“Korban diantarkan ke rumah dan menceritakan kronologis kejadian ke keluarga. Dilanjutkan melakukan laporan ke Polsek Cimanggu,” kata dia.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka Agus Refendi saat ini mendekam di tahanan Mapolsek Cimanggu guna menunggu proses penyidikan lebih lanjut. Tersangka dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman paling lama 9 tahun penjara.(lim)