CILACAP, SATELITPOST-Pemerintah pusat akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini. Cilacap mendapatkan kuota sekitar 600 orang. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Minggu (9/9) kemarin.

 

“Alhamdulillah kita dapat kuota 600, meski kita mengajukan 800 orang. Itu sudah jumlah terbanyak,” ujarnya, usai peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Alun-alun Cilacap, kemarin.

 

Bupati mengatakan jika pemerintah hanya memberikan kuota untuk formasi yang diprioritaskan, yakni pendidikan dan juga kesehatan. Pasalnya, pada saat ini dua formasi ini yang masih sangat kekurangan.

 

Sehingga diharapkan dengan tambahan ASN di tenaga pendidikan dan kesehatan ini bisa mengurangi kekurangan pegawai yang terjadi selama ini. Terutama dunia pendidikan, yang masih sangat kekurangan guru PNS. Pasalnya setiap tahun ada yang pensiun, namun jumlah guru PNS tidak ditambah.

 

Bupati juga mengungkapkan sangat mendukung keputusan dari Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi, Syafruddin yang memberikan kesempatan kepada para atlet-atlet yang memiliki prestasi, untuk menjadi ASN.

 

“Saya sangat mengapresiasi Pak Mentri Syafruddin, pertama kalau dulu altet tuanya miskin, tetapi (sekarang) bagaimana para juara nasional  dan internasional diwadahi dan dikasih kesempatan masuk ASN, Polri, TNI dan perbankan,” katanya.

 

Karena itu, Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk berlomba-lomba menjadi atlet. Tunjukkan  prestasi dengan menjadi juara dan mengharumkan nama bangsa. Selain itu juga agar selalu hidup sehat dan sejatera kedepan. ([email protected])