Menkopolhukam, Wiranto. Suara.com/Novian
Menkopolhukam, Wiranto. Suara.com/Novian

JAKARTA, SATELITPOST – Media sosial seperti Facebook, Instagram sejak Rabu (22/5/2019) siang agak sulit diakses. Bahkan beberapa pengguna mengaku tak bisa mengunggah foto lewat aplikasi Whatsapp.

Menteri Kordinator Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia, Wiranto, mengatakan pemerintah akan membatasi akses publik ke media-media sosial untuk mencegah beredarnya kabar bohong serta provokasi di tengah panasnya demonstrasi anarkistis di Jakarta.

“Untuk sementara, untuk menghindari provokasi, berita bohong pada masyarakat luas, akan kita adakan pembatasan akses di media, fitur tertentu tidak diaktifkan,” kata Wiranto di Jakarta, Rabu (22/5/2019) seperti yang dikutip dari Suara.com.

Menurut Wiranto, ada beberapa fitur yang memang tidak bisa diakses agar membendung hal-hal negatif yang terus disebarluaskan masyarakat.

“Media sosial maksud saya. Akses di media sosial, fitur tertentu tidak diaktifkan untuk menjaga hal-hal negatif yang terus disebarkan oleh masyarakat,” ujar Wiranto.

Sementara itu, satu diantara pengguna Whatsapp asal Purwokerto, Dyah (27) mengaku kesulitan mengirim gambar sejak pukul 13.00 WIB. “Feed di Instagram udah mulai mandeg dan susah dilihat, mau upload gambar buat jualan juga enggak bisa. Update story di whatsapp juga bisanya teks aja, mau update foto sulit sekali,” ujarnya.