Kondisi truk yang mengalami rem blom dan menabrak parkiran RSU Siti Aminah Bumiayu, Senin (10/12).SATELITPOST/NURUL IMAN
Kondisi truk yang mengalami rem blom dan menabrak parkiran RSU Siti Aminah Bumiayu, Senin (10/12/2018).SATELITPOST/NURUL IMAN

BREBES, SATELITPOST – Kepolisian Resor (Polres) Brebes menetapkan sopir truk tronton sebagai tersangka. Sopir truk itu, Wariono (35) yang biasa dipanggil Roni mengendalikan truk yang menabrak puluhan kendaraan hingga menewaskan lima orang pada Senin (10/12) di Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.

 

“Sopir truk ditetapkan sebagai tersangka dalam kecelakaan maut di Bumiayu. Langsung kita tahan di Polres Brebes,” kata Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksawan, Selasa (11/12).

 

Penetapan tersangka dilakukan setelah insiden kecelakaan terjadi. Sopir tersebut akan dijerat Pasal 310 ayat (2) juncto Pasal 124 ayat (1) huruf e Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

 

Rudi mengatakan, truk yang dikemudikan Wariono mengalami kelebihan muatan atau overloading dan rem blong. “Dugaan awalnya overloading dan rem blong. Namun kita akan menunggu hasil pastinya setelah selesai traffic analysis accident (TAA),” katanya.

Baca:

Bayi Tujuh Hari Itu Menyusul Almarhumah Ibundanya, Korban Kecelakaan Maut Bumiayu Jadi 5 Orang

Fakta Tentang Fly Over Kretek “Maut” Paguyangan Bumiayu

Lagi, Truk Diduga Rem Blong Tabrak Parkiran RSU Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu

 

Ia mengungkapkan, ada beban muatan berlebih seberat 10 ton. Dimana berat truk dengan muatannya total berat mencapai 30 ton. “Ada kelebihan (muatan) dari 10 ton dari standar. Untuk truk memiliki berat 10 ton, dan muatan truk 30 ton,” katanya.

 

Untuk itu ia mendesak kepada pihak Kementerian Perhubungan agar memfungsikan jembatan timbang di sisi selatan atau di Ajibarang, Kabupaten Banyumas. “Kami akan mendorong difungsikan kembali jembatan timbang sebelah selatan sebelum TKP. Karena baru difungsikan satu bulan setelah diresmikan. Namun ditutup kembali,” katanya.

 

Diketahui, kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Pangeran Diponegoro, Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Senin (10/12) sekira pukul 11.45 WIB. Sebuah truk tronton yang diduga mengalami rem blong menabrak puluhan kendaraan roda empat dan roda dua. Dari insiden ini, lima orang meninggal dunia. (imani@satelitpost.com)