WARGA berada di pantai Teluk Penyu Cilacap karena penasaran ingin melihat buaya, Minggu (12/5). SATELITPOST/RENY TANIA

Warga Cilacap digegerkan dengan kemunculan buaya di sekitar perairan Cilacap sejak Sabtu (11/5/2019). Bahkan video kemunculan buaya ini sudah beredar luas di media sosial. Adanya informasi tersebut membuat masyarakat Cilacap penasaran dengan keberadaan buaya tersebut. Di beberapa titik terlihat kerumuman masyarakat yang penasaran ingin melihat buaya. Seperti di Pantai Teluk Penyu, areal 70, dan juga dermaga Sleko.

 

Santi, warga Menganti mengatakan sengaja datang ke Teluk Penyu Karena penasaran melihat buaya yang terlihat di sekitar perairan Cilacap. “Lihat di Facebook viral, jadi penasaran. Tapi dari tadi ngga lihat, mungkin Karena ombaknya besar ya,” katanya, Minggu (12/5/2019).

 

Anton, warga Tambakreja juga penasaran dengan adanya buaya. Apalagi anaknya merengek ingin melihat buaya yang terlihat di media sosial. Sehingga sekalian menunggu buka puasa ngabuburit di Dermaga Sleko. “Lagi ramai ada buaya, anak minta lihat terus Karena penasaran, jadi ke Sleko,” katanya.

Baca Juga:

Geger Buaya di Perairan Cilacap, Muncul di Dekat Dermaga Wijayapura

2 Hari Berlalu, Buaya Tak Terlihat Lagi di Perairan Cilacap 

Cerita Pria Banjarnegara yang Memancing Ikan di Sungai Serayu, Malah Dapat Buaya

Adanya informasi keberadaan buaya ini, membuat Satuan Kepolisian Perairan Kepolisian Resor Cilacap juga melakukan patroli. Informasi adanya keberadaan buaya sudah ada sejak Kamis (9/5) lalu di sekitar Kampung Laut. Sedangkan pada Minggu dilaporkan ada di sekitar perairan Nusakambangan dekat dermaga Holcim.

 

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kasatpolairut Polres Cilacap AKP Huda Syafi’i mengatakan jika langsung melakukan patroli, dengan sebelumnya koordinasi dengan KSOP. Jika ditemukan maka akan dilakukan penangkapan selanjutnya dilakukan karantina.

 

Pihaknya juga memasang rambu-rambu peringatan untuk waspada adanya buaya di sekitar perairan Nusakambangan. “Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang jangan terlalu resah dengan keberadaan buaya ini, tapi tetap waspada, serta tetap berhati-hati,” ujarnya.

 

Meskipun ada keberadaan buaya, tidak menyurutkan nelayan mencari ikan. Sarno, nelayan dari Sentolo Kawat mengaku tetap mencari ikan. “Tadi pagi (Minggu, red) buayanya kelihatan di sekitar (perairan) Nusakambangan, dan saya mencari ikan ke sekitar laut sana, jadi beda,” katanya.

 

Dia berangkat melaut bersama dua rekannya sekitar pukul 15.30 WIB, dan mengaku akan pulang ketika malam. Meskipun demikian dia mengaku tetap waspada. (ale)