PENGENDARA melintas di depan SDN 2 Klapasawit, Kalimanah, Purbalingga.

PURBALINGGA, SATELITPOST-Murid SD Negeri 2 Klapasawit, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga mengalami gejala keracunan, Senin (18/3). Sejumlah 10 siswa mengalami tanda-tanda keracunan makanan setelah satu jam mengonsumsi jajanan sosis goreng. Namun, masih dilakukan pengusutan apakah jajanan tersebut yang menyebabkan keracunan pada murid.

 

“Murid mengalami mual, muntah, kepala pusing, dan ada juga yang sampai mata merah, demam, atau badan panas,” kata Petugas Promkes Puskesmas Kalimanah, Setyo Wahyuningtyas.

 

Tiga siswa dilarikan ke Puskesmas Kalimanah, yakni Finza (9), Tegar (10), dan  Erfan (10). Dua siswa, Abdi (8) dan Fian (8) dilarikan ke Puskesmas Pembantu Babakan. Sedangkan siswa lain mendapatkan perawatan di rumah.

Baca Juga:

Usai Makan Permen, Belasan Siswa SDN 1 Kelapasawit Purbalingga Diduga Keracunan

Kronologi 10 Anak Keracunan Es Krim di Purwokerto

Keracunan Ikan Tongkol, Ratusan Warga Kampung Laut Dirawat

Lima Anak di Sokaraja Ini Keracunan Makanan Susu

Setyo mengungkapkan berdasarkan data sementara, sebanyak 35 siswa yang mengonsumsi jajanan serupa. Hanya saja baru terdeteksi 10 siswa yang mengalami gejala keracunan makanan.

 

“Para pelajar sudah mendapatkan perawatan dan diberi obat jalan. Untuk siswa lain kami sarankan ke wali murid agar siswa istirahat cukup, banyak minum air putih, dan minum air kelapa atau susu,” ujarnya.

 

Pihaknya sudah mendatangi langsung sekolah dan diketahui terdapat dua pedagang yang menjual sosis tersebut. Dikatakan, sosis memiliki tanggal kedaluwarsa pada tahun 2020. Penyelidikan lebih lanjut terkendala karena semua jajanan sosis sudah habis dan tidak ada sisa dari siswa yang mengkonsumsi.

 

“Besok kami masih mendata dan memeriksa siswa lainnya. Serta, mencari tahu penyebab dari gejala keracunan makanan yang dialami siswa,” ujar Setyo.

 

Sementara itu, salah satu guru Siti Anjani mengatakan terdapat lima siswa dari kelas tiga dan lima yang mengalami muntah-muntah. Setelah ditanya mereka mengonsumsi jajanan yang sama, sosis goreng.

 

Pihaknya langsung menghubungi Puskesmas Kalimanah agar para siswa mendapat perawatan. “Penyebab pastinya kami belum tahu, menunggu hasil penelitian petugas Puskesmas, dugaannya dari jajanan yang dikonsumsi siswa,” katanya. (cr3)