PETUGAS memperlihatkan goa yang diduga masih perawan ada di Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Senin (8/7). Di goa tersebut 15 warga terjebak selama 2 jam.SATELITPOST/AMIN
PETUGAS memperlihatkan goa yang diduga masih perawan ada di Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Senin (8/7). Di goa tersebut 15 warga terjebak selama 2 jam.SATELITPOST/AMIN

PURBALINGGA, SATELITPOST-Sejumlah 15 warga Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga dilaporkan terjebak di dalam goa, Senin (8/7/2019). Mereka masuk goa perawan itu dengan maksud untuk mengeksplore. Namun, karena berjam-jam tak kunjung keluar, perangkat desa melaporkan ke Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga.

“Total ada 15 warga yang masuk ke dalam goa, sekitar 2 jam lebih mereka ada di dalam. Karena khawatir tidak kunjung keluar maka ada perangkat desa yang laporan ke kami,” kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga, Heni Rusianti, Senin (7/8) sore.

Warga yang masuk masing-masing yakni Tariwan (43), Sudir (38), Karyo (37), Sugiyatno (37), Lastono (33), Latif (31), Ikwan (30), Sugiyono (30), Misyono (29), Irawan (27), Jarot (26), Kuat (24), Rizki  (23), Yono (23), dan Arin (19).

Heni menjelaskan, pada Minggu (7/7) satu di antara warga Tlahab Lor, Marsono (42) menemukan pintu goa tersebut. Karena letaknya yang cukup tersembunyi, diprediksi goa teresebut belum dijamah banyak orang. Goa tersebut berada di tepi desa yang berbatasan dengan hutan.

“Marsono kemudian mengabarkan kepada warga sekitar. Karena penasaran mereka membentuk tim ekspedisi dan nekat masuk ke dalam goa dengan peralatan seadanya,” katanya.

Senin (8/7) sekitar pukul 14.00 WIB, tim ekspedisi yang terdiri dari 15 warga tersebut memulai eksplorasinya. Berbekal tali plastik rafia sebagai penanda jalan mereka masuk ke dalam goa. Satu orang berjaga di luar goa, 14 lainnya masuk. Namun sampai satu jam lebih tidak ada informasi apa-apa, satu orang tersebut masuk untuk memastikan. “Selang satu jam, tim ekspedisi ini tak kunjung keluar. Lalu satu orang berusaha menyusul ke dalam, namun hingga satu jam kemudian, tim penyusul ini juga tak kunjung keluar,” ujarnya.

Lebih dari dua jam tidak juga kunjung keluar, salah seorang perangkat desa yang juga ada di lokasi, menghubungi kantor BPBD Purbalingga. Petugas TRC dan Tim SAR Purbalingga diturunkan ke lokasi untuk melakukan operasi pencarian. Sejumlah spekulasi muncul, mengingat status goa tersebut yang belum pernah dijamah oleh manusia. “Tepat pukul 16.00 WIB, akhirnya 15 orang tersebut berhasil keluar dari dalam goa dengan selamat,” katanya. (amin@satelitpost.com)