Pengunjung mengamati arsip foto Banyumas tempo dulu yang dipamerkan di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas, Kamis (3/10). SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH

PURWOKERTO, SATELITPOST-Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas  bakal menggelar pameran arsip, Kamis (3/10/2019). Pameran akan berlangsung hingga hari Senin (7/10/2019) mendatang. Acara ini digelar di halaman kantor Perpusarda Banyumas di jalan Gatot Subroto Purwokerto.

Kabid Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, Susetya Dwi Ningsih mengatakan, pameran tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati bulan baca nasional.

Mereka yang ikut berpatisipasi dalam pameran arsip di antaranya dari komunitas Banjoemas Heritage, PT KAI, penerbit-penerbit, Dinperindag, BP POM, dan Perpustakaan Desa.

Ada kurang lebih 15 stan dalam pameran tersebut. Semuanya akan diisi dari foto-foto dan buku lawas hingga bazar buku-buku murah yang bisa dibeli dengan harga mulai Rp 5 ribu – Rp 10 ribu.

“Acaranya bukan hanya pameran arsip, tetapi ada juga talkshow perpustakaan, talkshow fotografi, dan talkshow pengetahuan tentang kecombrang. Setiap tahunnya kita selalu adakan acara ini,” katanya.

Ningsih mengatakan, acara tersebut adalah bagian dari promosi gemar membaca dan sadar arsip.  “Melalui membaca, masyarakat bisa meliterasi dirinya sendiri,” ujarnya.

Meskipun sedang dalam menyelenggarakan acara festival arsip, tetapi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas tetap membuka pelayanan.  Pelajar dan masyarakat umum, masih dapat berkunjung dan meminjam buku.

“Kita jam pelayanan Perpusda masih seperti biasa, dengan adanya acara ini justru harapan kita agar menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung,” kata dia. (ank)