PEMAIN Persibas Banyumas (biru) berusaha mengecoh pemain PPSM Magelang dalam lanjutan babak delapan besar Liga 3 Jateng di Stadion Satria Purwokerto, Minggu (15/9/2019).SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH
PEMAIN Persibas Banyumas (biru) berusaha mengecoh pemain PPSM Magelang dalam lanjutan babak delapan besar Liga 3 Jateng di Stadion Satria Purwokerto, Minggu (15/9/2019).SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH

PURWOKERTO, SATELITPOST-Persibas Banyumas membantai PPSM Magelang dengan skor 6-1 di ajang babak 8 besar Liga 3 Jateng di Stadion Satria Purwokerto, Minggu (15/9/2019). Kini, Persibas ada di posisi dua klasemen sementara.

Agresivitas permainan Persibas terlihat sejak peluit babak pertama dibunyikan. Bahkan sepuluh menit pertama sudah tercatat beberapa peluang melalui permainan terbuka Trimbil dan kawan-kawan.

Petaka bagi PPSM Magelang tercipta pada menit ke 13. Persibas berhasil menceploskan gol melalui sontekan melambung dari kaki M Bagus Elang yang melihat kiper dalam posisi terlalu maju. Gol tersebut menambah semangat para pemain, tiga menit berselang, Trianto menggandakan keunggulan Persibas. Serangan demi serangan dilancarkan Persibas Banyumas. Beberapa kali, PPSM Sakti Magelang juga mencoba menerobos pertahanan Persibas Banyumas. Hingga akhirnya gol kembali tercipta pada menit ke 40 melalui pemain no punggung 10, Trianto memperjauh keunggulan Persibas dan bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, saling serang antar kedua tim terjadi. Pada menit ke 50, Trianto mencoba menerobos pertahanan lawan namun kandas setelah terjegal pemain belakang PPSM Magelang. Imbas dari itu, Persibas mendapat hadiah pinalti.

Sebagai eksekutor, Trianto memuluskan hattrick. Persibas Banyumas unggul 4-0. Keasyikan menyerang justru Persibas kebobolan melalui serangan balik pemain no punggung 93, Fatah Aditya. Hasil 4-1 masih untuk Persibas terjadi pada menit ke 53.

Tak menyerah, jual beli serangan terjadi. Menit ke 70, Persibas Banyumas kembali menjauhkan PPSM Sakti mandiri dengan gol kedua dari Elang. Hasil 5-1 semakin memperkokoh Persibas Banyumas.

Pada menit perpanjangan babak kedua, Persibas Banyumas menutup pesta golnya melalui kaki Rizki Imam dan menjadikan Persibas Banyumas unggul 6-1.

Pelatih PPSM Sakti Magelang, Yusak Sutanto mengungkapkan kekecewaannya pada permainan anak didiknya. “Saya akui buruk sekali, mengecewakan permainan anak-anak,” katanya. Namun, pada babak kedua, menurutnya, permainan anak-anak mulai sedikit membaik meskipun tidak sesuai dengan harapan pelatih.

Sementara itu, Asisten Pelatih Persibas Banyumas, Abda Ali mengatakan permainan anak-anak telah sesuai dengan arahan pelatih. “Mereka menerapkan arahan dari pelatih untuk terus menekan dari menit awal,” katanya.

Dalam menghadapi pertandingan selanjutnya, pihaknya mengatakan akan berusaha sebaik mungkin dalam menjaga ritme bermain seperti pada permainan kali ini.

Manager Persibas Banyumas, Trisno Sudarso menuturkan, puas dengan hasil yang tak terduga ini. “Kami terima kasih sekali dengan dukungan dari suporter yang ibaratnya sebagai pemain ke 12. Kepada para pemain, jangan terlena dengan hasil ini, masih panjang langkah yang perlu dilalui. Tetap semangat,” ujarnya.

Dengan kemenangan ini, Persibas Banyumas mengoleksi 9 poin, menduduki peringakat kedua klasemen sementara selisih 1 poin di bawah Persekat Tegal. Sedangkan PSIP Pemalang ada di posisi tiga dengan empat poin. Adapun PPSM Sakti Magelang ada di posisi empat dengan 0 poin. (ank)