Gambar baliho para calon kades di kecamatan Wangon mulai bermunculan.SATELITPOST/CR2
Gambar baliho para calon kades di kecamatan Wangon mulai bermunculan.SATELITPOST/CR2

WANGON,SATELITPOST – Para Calon kepala desa dalam pilkades serentak di Kecamatan Wangon mulai memasang gambar diri di wilayah desa secara mandiri, Rabu (12/6/2019). Menurut Camat Wangon Roni Hidayat, sifatnya hanya pengenalan sepanjang tidak bertentangan dengan undang undang.

Menurutnya bahkan pihak Forkopimcam sudah membekali tim desa untuk tetap mengawasi agar dalam proses pengenalan bakal calon tidak memuat unsur unsur SARA yang dapat menimbulkan konflik di desa. “Selama tidak melanggar undang undang dan tidak ada unsur SARA boleh boleh saja, hal itu bermakna sebagai unsur pengenalan bagi masyarakat,untuk tanda foto dan nomor ditetapkan nanti setelah hasil undian,”katanya.

Senentara Kepala Dinsospermades Joko Setiyono saat di konfirmasi menjelaskan bahwa pemasangan foto yang di lakukan oleh para bakal calon kepala desa sifatnya hanya sosialisasi mandiri. Dan bukan ssbagai calon kepala desa. “Pemasangan foto sebelum ditetapkan sifatnya hanya sosialisasi saja, namun mereka harus menurunkan foto baliho ketika mereka sudah ditetapkan ,dan memasang kembali sebagai calon kepal desa, “katanya.

Panitia Pilkades Klapagading, Mukhtarom saat di mintai pendapatnya mengatakan pemasangan foto sebelum penetapan menjadi tanggung jawab sepenuhnya para bakal calon dan panitia tidak bertanggung jawab. “Selama ini di desa Klapagading tetap menjalankan sesuai aturan, ketika ada foto baliho yang terpasang itu tanggung jawab individu,”katanya.

Dibeberapa desa dari pantauan Satelitpost nampak gambar para bakal calon kepala desa telah bermunculan dijalan jalan utama desa seperti di desa Pengadegan, Rawaheng dan Klapagading Kulon. Sekertaris panitia pilkades Pengadegan, Eko Susanto mengatakan mereka memasang baliho hanya untuk memperkenalkan dan mengingatkan masyarakat akan adanya pilkades. ” Supaya warga mengetahui para bakal calon yang akan mendaftar,”katanya.(cr2)