SADEWO Tri Lastiono dan Toto Dirgantoro.

PURWOKERTO, SATELITPOST-Konstelasi politik dalam Pilkada Banyumas terlihat semakin dinamis. Terakhir, Politisi Senior Banyumas, Toto Dirgantoro dipastikan membawa seluruh gerbongnya ke pasangan nomor urut dua, Ir Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono.

Kepastian terkait hal ini muncul setelah kunjungan Toto ke kediaman Dewo, Jumat (9/3) malam lalu. Dalam kunjungan tersebut, Toto secara resmi menitipkan seluruh pendukung serta program yang diusungnya saat hendak mencalonkan diri lewat salah satu parpol di Banyumas kepada Dewo.

Toto mengaku punya alasan kuat yang mendasari dukungannya kepada Dewo. Satu di antaranya adalah kondisi Banyumas yang membutuhkan pemimpin baru. “Baik Pak Husein maupun Pak Mardjoko merupakan calon lama. Jadi, yang akan memberikan warna baru adalah wakil-wakilnya. Dari dua opsi, saya paling pas dengan Mas Dewo,” kata dia kepada SatelitPost.

Menurutnya, Dewo dianggap sebagai calon yang pas karena memiliki visi yang hampir sama dengan Toto. Khususnya, dalam aspek pembangunan Banyumas di masa mendatang.

“Yang jelas, saya tidak akan menitipkan pendukung serta program saya kepada orang yang visinya tidak sama. Saya harus yakin dulu sebelum memberikan dukungan. Dan Mas Dewo ini saya lihat sebagai calon yang paling pas,” ujar pengusaha kawakan ini.

Toto mengatakan, dirinya berharap bisa bersinergi dengan kubu Husein-Dewo dalam Pilkada 2018 mendatang. Yakni, untuk mewujudkan target pemenangan paslon nomor dua serta membangun Banyumas di masa mendatang.

Sementara itu, Dewo mengaku berterima kasih terhadap dukungan dan gerbong pendukung Toto yang diafiliasikan dengan dirinya. Ia harap bisa menjalin sinergi yang apik dengan Toto. Tidak hanya untuk kepentingan pemenangan saja.

“Kalau buat saya, yang paling penting malah setelah menang. Pak Toto ini kan punya jaringan pengusaha dan investor tingkat nasional dan internasional. Jadi, saya ingin bersinerginya saat membangun Banyumas nanti,” kata dia.

Menurutnya, dengan jaringan yang dimiliki Toto dan perombakan iklim investasi di Banyumas, sinergi di antara keduanya bakal memberi manfaat yang besar bagi masyarakat. (topan@satelitpost.com)