Peta jalur alternatif yang bisa dijadikan panduan untuk para pemudik yang melintasi Banyumas.

PURWOKERTO, SATELITPOST-Polres Banyumas membuat skema jalur alternatif untuk menghemat waktu serta mengurai kepadatan arus lalu lintas selama mudik dan balik Lebaran 2018. Polres juga menempatkan sejumlah anggotanya di pos pengamanan.

Menurut keterangan Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK melalui Kasat Lantas AKP Finan Sukma Radipta SH SIK MH, ada 15 pos pengamanan utama yang sudah berjalan sejak tanggal Operasi Ketupat Candi dilaksanakan, yakni Pos Pam Pekuncen, Ajibarang, Lumbir, Wangon, Jatilawang, Menganti, Wijahan, Kebokuro/Sumpiuh, Tambak, Sangkalputung Sokaraja, Kaliori, Patikraja, Matahari Purwokerto, Pangsar Jenderal Soedirman, dan Pos Pam Kalisari.

“Kalau di pos terpadu, pos pengamanan, pos pelayanan hanya ada personel pengamamanan bergabung dengan stakeholder lainnya. Kalau untuk istirahat Polres Banyumas menyiapkan rest area di Pingsewu Sumpiuh,” kata dia.

Selain pos pengamanan, mereka juga menyiapkan jalur alternatif, bagi pengemudi yang hendak melintasi wilayah Banyumas, mulai dari Pekuncen, mereka memberikan petunjuk arah jalur alternatif satu yakni Pekuncen-Cilongok dengan jarak tempuh sepanjang 8,6 kilometer dan hanya memakan waktu 20 menit bisa sampai ke jalan utama Cilongok.

Kemudian jalur alternatif dua sepanjang 16,7 kilometer yakni jalur Purwokerto-Patikraja-Kalibagor, di mana dari Purwokerto menuju ke Kalibagor hanya memakan waktu 23 menit. Jalur alternatif tiga sepanjang 10,3 kilometer yakni jalur Banyumas-Somagede-Wijahan hanya memakan waktu 18 menit.

Selain itu polisi juga memetakan jalur utara sepanjang 78,3 kilometer dari arah Pekuncen-Ajibarang-Karanglewas-Purwokerto-Soakraja-Kalibagor-Banyumas-Kemranjen-Sumpiuh-Tambak.

Untuk jalur tengah pemudik bisa melewati jalur sepanjang 70,3 kilometer melalui Pekuncen-Ajibarang-Wangon-Jatilawang-Rawalo-Kebasen-Sampang-Kemranjen-Sumpiuh-Tambak.

Bagi pemudik yang melalui jalur selatan bisa menempuk jarak 64,8 kilometer yakni melalui Lumbir-Wangon, Jatilawang-Rawalo-Kebasen-Sampang-Kemranjen-Sumpiuh-Tambak.

Kasat Lantas juga mengimbau kepada pemudik agar lebih berhati-hati saat berkendara dengan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. “Pelan-pelan asal selamat. Kami mengimbau agar berhati-hati melewati jalur selatan karena masih terdapat jalan bergelombang dan jalan yang kecil sehingga bisa membahayakan para pemudik,” kata dia.

Meskipun demikian, hingga Lebaran nanti, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di beberapa titik yang ada. “Kita akan tetap mengantisipasi peningkatan arus kendaraan setiap hari,” ujarnya.([email protected])