PENCURI berinisial KAK (tengah) usai diperiksa di Mapolsek Kutasari, Sabtu (10/ 3).
PENCURI berinisial KAK (tengah) usai diperiksa di Mapolsek Kutasari, Sabtu (10/ 3).

PURBALINGGA, SATELITPOST–Sudah jatuh, tertimpa tangga. Begitulah yang dialami oleh KK (66), warga Purbalingga. Dia terjatuh ke dalam sumur, setelah mencuri di rumah Surip (35) warga Duku Pucangluwuk, Desa Meri, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga Sabtu (10/3). Peristiwa itu juga yang membuatnya berhasil ditangkap pihak kepolisian, sebelum menikmati hasil curiannya.

Kapolsek Kutasari AKP Bambang Sidik S SH menyampaikan, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, KK melakukan aksi pencurian pada Sabtu dinihari. Dia mencoba mengambil ayam milik korban yang kandangnya berada di sekitar dapur. Saat itu, KK sudah berhasil mengambil tiga ekor. Namun, pemilik rumah bangun, dan menuju ke dapur bermaksud mengambil air wudu. Saat itu Supri mengetahui ada orang yang sedang berada di kandang ayam.

“Mengetahui ada orang menuju dapur, tersangka mencoba kabur, tapi sudah diketahui terlebih dahulu, pemilik rumah minta tolong pada keluarganya,” kata AKP Bambang Sidik, (10/3).

KK mencoba kabur dengan lari ke pekarangan yang ada di belakang rumah Surip. Kondisi saat itu masih gelap, sedangkan ia tidak mengetahui medan sekitar. Akhirnya ia terperosok ke dalam sumur yang ada di sekitar pekarangan. Setelah dipastikan oleh Supri dan keluarga, selanjutnya peristiwa itu dilaporkan pada pihak kepolisian.

Setelah menerima laporan dari warga, personel Polsek yang sedang piket langsung mendatangi lokasi kejadian. Bersama dengan warga sekitar melakukan evakuasi pelaku dari dalam sumur. Menghindari aksi anarkis dari warga terhadap tersangka, polisi langsung membawa pria tersebut ke mapolsek setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Jadi tersangka mencoba melarikan diri, tapi karena gelap dan tidak tahu medan. Dia terperosok ke sumur, sehingga berhasil ditangkap langsung. Setelahnya langsung dibawa ke kantor untuk pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Diketahui, KK saat kabur itu sudah membawa tiga ekor ayam milik Supri. Ayam tersebut juga ikut terjatuh di dalam sumur. Satu ayam sudah mati, dua lainnya masih hidup. Akibat terjatuh itu, tersangka pun mengalami luka di beberapa bagian tubuh.

“Tersangka sedang dalam proses penyidikan tetapi tersangka juga dirawat di RSUD Purbalingga karena mengalami sejumlah luka akibat terperosok ke dalam sumur,” kata Kapolsek. (min)