CILACAP, SATELITPOST-Masyarakat Cilacap yang menginginkan menjadi calon pegawai negeri sipil, mulailah bersiap-siap mempersiapkan persyaratan. Pasalnya, pengumuman pendaftaran CPNS untuk Cilacap mulai dipublikasikan pada tanggal 19 September mendatang.

 

“Jika sudah siap, tanggal 19 (September, red) akan kita umumkan via online,” ujar Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap, Heroe Harjanto, Rabu (12/9) kemarin.

 

Pengumuman pendaftaran CPNS ini akan dilakukan melalui website dari BKPPD Cilacap, pada saatnya nanti. Cilacap mendapatkan kuota sebanyak 677 orang dari pemerintah pusat untuk merekrut CPNS. Untuk formasinya, kata Heru, saat ini masih dalam tahap inventarisir. Tetapi formasi untuk pendidikan jumlahnya diperkirakan lebih banyak.

 

“Tidak hanya pendidikan dan kesehatan saja, ada formasi lain, masih diinventarisir,” katanya.

 

Pada pendaftaran CPNS ini, kata Heru, bukan hanya diperuntukan bagi honorer saja, tetapi juga bisa untuk umum. Persyaratannya, sama seperti persyaratan PNS sebelumnya, namun secara lengkap akan diumumkan pada website BKD nantinya.

 

“Untuk umum, (jika) honorer diakomodir yang memenuhhi syarat PNS. Syaratnya usia di bawah 35 tahun, kalau guru berpendidikan S1 sebelum 2005,” katanya.

 

Sebelumnya Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan Cilacap mendapatkan kuota sekitar 600 orang untuk CPNS, dari usulan sebanyak 800 orang. Formasi yang diprioritaskan yakni pendidikan dan kesehatan, karena saat ini di dua formasi ini masih sangat kekurangan.

 

Sehingga diharapkan dengan tambahan ASN di tenaga pendidikan dan kesehatan ini bisa mengurangi kekurangan pegawai yang terjadi selama ini. Terutama dunia pendidikan, yang masih sangat kekurangan guru PNS. Pasalnya setiap tahun ada yang pensiun, namun jumlah guru PNS tidak ditambah.  ([email protected])