PRAJURIT membawa foto-foto mantan Bupati Banyumas saat kirab pusaka dalam rangkaian HUT Banyumas ke-448 di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto, Minggu (17/2).SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH
PRAJURIT membawa foto-foto mantan Bupati Banyumas saat kirab pusaka dalam rangkaian HUT Banyumas ke-448 di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto, Minggu (17/2).SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH

BANYUMAS, SATELITPOST-Hari ini, Jumat (22/2/2019) menjadi hari penting bagi Kabupaten Banyumas. Di hari ini, Banyumas sudah berusia 448 tahun. Ulang tahun kali ini bertepatan dengan tahun politik. Sebab, pada 17 April nanti akan dilaksanakan pemilu legislatif dan pemilihan presiden.

Maka, ulang tahun Banyumas kali ini bisa dijadikan momen untuk menciptakan tahun politik yang damai. Hal itu seperti diungkapkan Ketua DPRD Banyumas Juli Krisdianto SE saat tasyakuran hari jadi Banyumas, Kamis (7/2).

“Ciptakan Pemilu 2019 dengan tertib dan aman untuk memilih presiden, wakil presiden dan anggota legislatif,” katanya. Dia juga mengajak seluruh masyarakat Banyumas untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada pemuli 17 April mendatang dengan rasa suka dan suasana yang aman dan damai meski pilihan berbeda.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari jadi Banyumas diisi dengan beragam acara. Pada Kamis (7/2) Bupati Ir Achmad Husein dan Wakil Bupati Banyumas Drs Saderwo Tri Lastiono didampingi Pimpinan DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), serta para pejabat eksekutif di jajaran Setda Banyumas melakukan ziarah ke makam bupati pertama Banyumas, Raden Djoko Kahiman.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husen mengatakan, Raden Djoko Kahiman memiliki jiwa yang kesatria dan tidak mementingkan diri sendiri. Ketika mendapat hadiah dari Sultan Pajang Hadiwijaya berupa Penobatan sebagai Adipati Warga Utama II, tapi karena keikhlasannya beliau membagi wilayah kekuasaannya menjadi 4 kepada saudara-saudaranya yang lain. “Jiwa kesatria dan rela berkorban inilah yang patut kita teladani,” kata Husein.

Di hari yang sama, juga dilaksanakan ruwatan di Pendapa Duplikat Sipani Banyumas. Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Suwondo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas. “Ruwatan ini ditujukan untuk memohon keselamatan dan kelapangan rezeki kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi seluruh masyarakat Banyumas,” katanya.

Pada Minggu (17/2) dilaksanakan kirab pusaka di Jalan Jenderal Sudirman, Purwokerto. Masyarakat pun antusias untuk melihat kirab tersebut. (tim satelitpost)