KPU Cilacap melakukan sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di Pantai Teluk Penyu, Minggu (15/4) pagi.SATELITPOST/RENNY TANIA

CILACAP, SATEITPOST-Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Cilacap melakukan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 kepada masyarakat di ruang publik. Sosialisasi ini dilakukan selama dua hari kemarin, Sabtu-Minggu (14-15/4) kemarin.

Ketua KPU Cilacap Sigit Kwartianto mengatakan, sosialisasi dilakukan di Alun-alun Cilacap pada Sabtu malam dan Pantai Teluk Penyu pada Minggu pagi. Pasalnya, pada hari-hari tersebut, kedua lokasi tersebut ramai dikunjungi masyarakat.

KPU melakukan sosialisasi dengan menyebarkan pamflet kepada masyarakat, karena pada Sabtu malam ada car free night di Alun-alun, dan Minggu pagi di pantai ramai masyarakat yang datang. Jadi lebih mengena.

Sigit Kwartianto

Ketua KPU Cilacap

“KPU melakukan sosialisasi dengan menyebarkan pamflet kepada masyarakat, karena pada Sabtu malam ada car free night di Alun-alun, dan Minggu pagi di pantai ramai masyarakat yang datang. Jadi lebih mengena,” katanya, Minggu kemarin.

Sosialisasi dilakukan agar masyarakat mengetahui tahapan pemilu serentak yang akan digelar pada tanggal 27 Juni mendatang. Selain itu untuk mengenalkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang berlaga pada pilgub kali ini.

Sosialisasi juga dilaukan melalui berbagai cara. Di antaranya memasang alat peraga kampanye, menyebarkan bahan kampanye, sosialisasi di tempat khusus. Yakni di lapas dan pesantren. Sosialisasi kepada pemilih pemula di tujuh Sekolah Menengah Atas (SMA), sosialisasi di keramaian ada di 10 titik, sosialisasi di daerah terpencil, dan lainnya.

Tidak hanya itu, sosialisasi juga dilakukan kepada kelompok masyarakat. Di antaranya penyandang disabilitas, kelompok wanita, serta sosialisasi melalui seni budaya. Sosialisasi melalui seni budaya ini dilakukan untuk lebih mengakrabkan dan mengena kepada masyarakat.

Dewi Asyifa, warga Cilacap yang juga mendapat sosialisasi tersebut mengatakan, sudah mengetahui jika aka nada pilgub pada 27 Juni nanti. Karena beberapa saat lalu, sudah ada petugas yang melakukan pencocokan dan penelitian ke rumahnya.

“Iya sudah (tahu akan ada pilgub, red) beberapa saat lalu kan di data sama petugas. Katanya buat pilgub Juni nanti. Cuma baru tahu secara detailnya calon-calonnya, ya setelah lihat pamflet ini,” katanya.

Ada dua paslon dalam Pilgub Jateng ini, yakni pasangan nomor pertama Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem. Paslon nomor 2 pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah yang diusung oleh koalisi parpol dari Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Kebangkitan Bangsa. (ale@satelitpost.com)