CILACAP, SATELITPOST-Pengadaan seleksi Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) dipastikan akan berlangsung pada bulan ini. Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Cilacap meminta agar semua pihak mewaspadai kemungkinan munculnya modus penipuan yang berkedok penerimaan CPNS.

 

Pasalnya banyak modus yang bisa dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertangungjawab untuk melakukan penipuan dengan berkedok pendaftaran CPNS. Di antaranya dengan meminta sejumlah uang kepada korban dan dijanjikan akan diterima menjadi CPNS.

 

“Dengan rencana adanya seleksi CPNS di Cilacap, masyarakat diimbau untuk tidak memercayai siapapun yang menyatakan bisa meloloskan menjadi CPNS,” ujar Kepala Bagian Humas Setda Cilcap, Taryo Ssos MSi, Kamis (13/9) kemarin.

 

Terutama, jika ada oknum yang mengatasnamakan bupati, sekda ataupun pejabat lainnya, yang bisa meloloskan menjadi CPNS, maka jangan dipercaya. Pasalnya, kata dia, prosedur seleksi CPNS ini dilakukan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

 

“Intinya jangan percaya, kalau terus mendesak laporkan ke aparat  penegak hukum. Kalau ada yang mengatasnamakan pejabat  ‘Saya diutus bupati, saya diutus sekad’ konfirmasi langsung ke Pak Sekda atau Bupati. Atau bisa langsung laporan ke humas,” ujarnya.

 

Apalagi, tes seleksi dilakukan menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Dimana hasil bisa langsung diketahui dan dilakukan secara transparan.  Sehingga apabila ada oknum yang mengaku bisa memasukan menjadi CPNS dengan imbalan tertentu, maka masyarakat dihimbau tidak serta merta percaya.

 

“Ikuti prosedur (seleksi) yang ditentukan oleh pemerintah, karena pendaftarannya saja secara online jadi tidak mungkin ada campur tangan orang lain, kecuali hasil kerja sendiri dan Allah,” katanya.

 

Sebelumnya diberitakan, ada sebanyak 677 kuota CPNS untuk wilayah Cilacap pada tahun ini. Untuk formasi saat ini masih dalam tahap penelitian, akan tetapi dipastikan jumlah terbanyak untuk formasi pendidikan dan kesehatan, dan juga ada kuota lain.

 

Pengumuman pendaftaran diperkirakan dilakukan mulai tanggal 19 September mendatang. Diumumkan melalui website dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Cilacap. ([email protected])