Pariwisata Bandung memang tak pernah ada matinya. Mulai dari wisata alam, wisata kota, belanja, hingga kuliner, semuanya lengkap tersedia. Jadi punya banyak cara untuk merasakan petualangan yang kamu inginkan.

Kalau tidak ingin membawa kendaraan sendiri dari Jakarta, ada banyak cara kok menuju Bandung. Tinggal temukan harga promo online tiket travel XTrans dan sediakan waktu luang untuk bisa menikmati semuanya.

Menumpang travel juga dapat membantu menghindari rasa lelah menyetir sendiri di kemacetan yang terjadi setiap penghujung minggu di Bandung. Salah satu aktivitas wisata adalah menikmati deretan kuliner yang ada di Bandung. Tidak hanya punya peuyeum, batagor, atau siomay yang sudah tersohor kelezatannya, untuk merasakan pengalaman unik, kamu wajib mencicipi juga jajanan-jajanan legendarisnya. Ada banyak toko roti yang sudah ada sejak jaman penjajahan hingga sekarang. Kenikmatannya sudah melegenda, dirasakan sejak zaman pendudukan Belanda hingga sekarang, oleh pelancong dari Indonesia dan seluruh dunia.

Berikut adalah lima toko roti terkenal di Bandung yang kelezatannya diakui warga Bandung seperti nama XTrans yang namanya melekat sebagai penyedia transportasi Jakarta Bandung selama puluhan tahun.

Roti Gempol

Secara usia, Roti Gempol memang relatif lebih muda dibandingkan toko-toko roti legendaris lainnya di Bandung. Tapi soal rasa, boleh diadu. Berdiri sejak tahun 1991, Roti Gempol menjadi idaman bagi warga dan wisatawan Kota Bandung. Berbagai pilihan roti bisa kamu dapatkan di sini, mulai roti tawar polos hingga roti bakarnya yang istimewa. Semuanya disajikan dengan hangat, bikin perut jadi tersenyum bahagia. Roti Gempol buka dari jam tujuh pagi hingga delapan malam dan berada di Jalan Gempol Wetan No.14.

Roti Djie Seng

Roti Djie Seng mengusung konsep marketing jadul, yaitu dijajakan dengan cara berkeliling. Ada banyak penjual Roti Djie Seng yang berkeliling di berbagai sudut Kota Bandung. Bila ingin melihat langsung proses pembuatannya, langsung kunjungi pabriknya yang ada di tiga tempat, yaitu Jalan Rajawali Timur, Jalan Terusan Pasirkoja no. 205 dan Jalan Astana Anyar no.13. Di toko bernuansa vintage ini, kamu bisa mendapatkan roti tawar dan berbagai pilihan roti lainnya.

Roti Sidodadi

Berada di Jalan Otto Iskandardinata no. 255, Roti Sidodadi ini sudah ada sejak tahun 1954, lho! Meski sudah lama, rasanya tetap sama seperti waktu tokonya baru pertama kali buka. Satu keistimewaan Roti Sidodadi adalah cara pembuatannya, yaitu dibakar dengan arang. Begitu roti matang, orang-orang yang ada di sekitar toko roti bakal tersenyum karena aroma wangi yang menyeruak ke berbagai penjuru. Roti Sidodadi buka dari jam sembilan pagi hingga 19.30 WIB.

Roti Cari Rasa

Roti Cari Rasa ada di Bandung, sekitar enam tahun setelah Roti Sidodadi berdiri, tepatnya tahun 1960. Berarti, sudah hampir 60 tahun lamanya Roti Cari Rasa menjadi teman terbaik warga Bandung untuk mengisi perut yang lapar dengan roti-rotinya yang lezat. Toko yang ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani ini menyajikan kue-kue berbagai rasa, dari yang manis hingga asin, semuanya ada. Salah satu menu yang wajib dicicipi traveler adalah roti bakar yang bakal bikin badan hangat, melindungi dari hawa dingin Bandung yang mencekat.

Roti Sumber Hidangan

Ini dia toko roti paling legendaris di Kota Bandung, Roti Sumber Hidangan. Tokonya berdiri sejak tahun 1929 dan rasa rotinya terus terjaga dari dulu sampai sekarang. Uniknya lagi, nama untuk beberapa jenis roti juga tetap dilestarikan dan ditulis dalam bahasa Belanda. Roti Sumber Hidangan buka dari jam delapan pagi hingga 15.00. Untuk yang pengen menikmati rasa yang melegenda dari Roti Sumber Hidangan, temukan kelezatannya di sekitar kawasan Braga.
Tidak perlu menunggu lama. Agendakan saja akhir pekan nanti ke Bandung untuk mencicipi kelezatan toko roti legendaris ini di sana. Manfaatkan harga promo tiket travel XTrans lewat agen perjalanan online untuk memudahkan pemesanannya.