ilustrasi bola
REUTER via ANTARA

ROTTERDAM, SATELITPOST-Belanda akan memulai perjuangan untuk lolos ke Euro 2020. Ini adalah kesempatan Belanda untuk bangkit setelah terpuruk dalam tiga tahun terakhir. Namun, Belanda dihantui jadwal berat para pemainnya di klub.

Belanda dalam tiga tahun belakangan. Mereka gagal lolos ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. Keterpurukan itu membuat Belanda melakukan perubahan. Satu di antaranya di level pelatih. Saat ini Belanda dilatih Ronald Koeman.

Kehebatan Koeman sudah terlihat di ajang EUFA Nations League. Di ajang itu Belanda lolos ke semifinal yang akan dilaksanakan pertengahan tahun ini. Namun, sebelum laga empat besar UEFA Nations League, Belanda akan melakoni laga kualifikasi Euro 2020 melawan Belarusia pada Jumat (22/3) mulai pukul 02.45 WIB di Rotterdam. Setelah melawan Belarusia, Belanda akan menjamu musuh bebuyutannya, Jerman pada 25 Maret 2019.

Ajang kualifikasi ini jadi awal bagi Belanda untuk bangkit. Setidaknya, jika mereka mampu bermain bagus dan mendapatkan banyak kemenangan di kualifikasi, Belanda akan lolos ke Euro 2020. “Kami akan melakoni dua laga awal di kandang dan ini sangat penting bagi kami untuk membuat awalan yang positif,” kata pelatih Belanda Ronald Koeman seperti diberitakan sportstar.thehindu.com.

Koeman mengatakan, para pemainnya terlihat gembira kembali ke Timnas Belanda. Hal itu bisa jadi awalan yang bagus bagi Belanda untuk mendapatkan hasil positif di kualifikasi Euro 2020. Namun, ada yang dikhawatirkan oleh Koeman di kualifikasi kali ini.

Eks pemain Barcelona itu mengungkapkan bahwa para pemainnya saat ini ada di fase berat. Sebab, mereka bermain di klub dengan jadwal yang padat dan berjuang untuk mendapatkan gelar. Bisa juga di antara mereka berjuang agar klub tak terdegradasi.

Hal yang bisa dilihat paling jelas adalah yang dialami dua andalan Belanda, Virgil van Dijk dan Giorginio Wijnaldum. Dua pemain ini adalah andalan Liverpool. Diketahui, Liverpool sedang berjuang keras untuk juara Liga Inggris. Liverpool juga masih berjuang di Liga Champions. Kedua pemain ini tentu sedang dalam fase yang melelahkan.

Ada juga Ryan Babel yang saat ini main di Fulham. Babel saat ini sedang berjuang agar Fulham tak terdegradasi ke kasta kedua Liga Inggris. Tentu hal itu memeras otak dan fisik para pemain Fulham, tak terkecuali Babel.

Selain mereka, ada banyak pemain Ajax yang berada di Timnas Belanda. Ajax saat ini konsentrasi untuk menjadi juara di Liga Belanda. Selain itu, Ajax masih berjuang untuk terus bertahan di Liga Champions.

Kondisi melelahkan ini tentu bisa jadi ancaman bagi Belanda untuk mendapatkan hasil bagus di kualifikasi Euro 2020. Hanya saja, Koeman tetap yakin pemainnya bisa memberikan yang terbaik pada Belanda sekalipun sekarang sedang dalam periode sibuk bersama klub. “Para pemain berhasrat memenangkan laga,” ujarnya. (lil)