KAZAN, SATELITPOST-Laga Brasil vs Belgia akan mempertemukan dua tim dengan statistik yang berbeda. Laga perempatfinal tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu (7/7) mulai pukul 01.00 WIB.

Brasil bersama Uruguay adalah tim yang memiliki pertahanan terbaik. Sampai saat ini mereka baru kebobolan satu gol. Gol itu diderita saat Brasil bermain imbang 1-1 melawan Swiss. Bukan hanya satu kali kebobolan, pertahanan Brasil juga solid sehingga tim yang melawan Brasil akan kesulitan membuat peluang mencetak gol.

Dalam empat laga yang sudah dilakoni Brasil di piala dunia kali ini, mereka hanya menderita lima kali tembakan berbahaya dari lawan. Jumlah itu menjadi yang paling sedikit diderita sebuah tim di ajang piala dunia kali ini.

Sementara, Belgia adalah tim yang paling subur di piala dunia kali ini. Sampai babak 16 besar, Belgia sudah membuat 12 gol. Perinciannya, sembilan gol diciptakan di babak grup dan tiga gol diciptakan di babak 16 besar.

Tidak bisa dipungkiri, produktifnya Belgia karena lini serang mereka memang membahayakan. Mereka memiliki Romelu Lukaku dan Dries Mertens. Selain itu, keduanya ditopang Eden Hazard dan Kevin de Bruyne.

Belgia juga ditopang oleh kemampuan pelatih mereka Roberto Martinez untuk mengubah taktik di masa pertandingan. Hal itu terlihat jelas ketika Belgia mampu menyingkirkan Jepang di babak 16 besar. Saat itu, Belgia sempat tertinggal 0-2, namun berkat pergantian pemain, Belgia mampu membalikkan keadaan dan menang 3-2.

Melawan Brasil, Martinez mengatakan, timnya membutuhkan kekuatan yang luar biasa. “Kami akan bertahan sebaik yang kami bisa. Kemudian, jika kami menguasai bola, maka kami akan berusaha membuat mereka kesulitan,” ujarnya di africanews.com.

Martinez tentu akan dibantu oleh legenda Timnas Prancis Thierry Henry. Eks penyerang Barcelona itu adalah asisten pelatih Timnas Belgia. Henry memiliki pengalaman bagus ketika melawan Brasil di Piala Dunia 1998 dan 2006. Di final Piala Dunia 1998, Henry adalah bagian skuat Prancis yang mengalahkan Brasil 3-0. Di perempatfinal Piala Dunia 2006, Henry adalah pencetak gol tunggal kemenangan Prancis atas Brasil. Pengalaman Henry melawan sepak bola Samba Brasil jelas sangat dibutuhkan.

Sementara itu, gelandang Brasil Willian mengatakan, membobol gawang Thibaut Courtois jelang bukan perkara gampang. Willian mengetahui benar siapa Courtois. Sebab, keduanya bermain di klub yang sama, yakni Chelsea. “Courtois adalah kiper yang bagus dan dia kiper yang memiliki tubuh tinggi menjulang,” ujar Willian.

Namun, dia mengatakan, pemain Brasil sudah menyiapkan diri dengan sangat baik. “Ini adalah waktu yang tepat untuk bisa membuat gol ke gawangnya. Kami akan mengerahkan semua kemampuan kami untuk menjebol gawangnya,” kata Willian.

Brasil akan mengandalkan para pemain dengan tipe menyerangnya. Willian, Neymar, Coutinho, Gabriel Jesus bisa menjadi ancaman bagi gawang Belgia. Keempat pemain tersebut bisa sangat merepotkan pertahanan dan gawang Belgia dengan kecepatan dan kelincahannya.

Sebelum piala dunia kali ini, kedua tim pernah bertemu di ajang Piala Dunia 2002 di babak 16 besar. Saat itu, Brasil mampu mengalahkan Belgia dengan skor 2-0. Dua gol Brasil kala itu dibuat Rivaldo dan Ronaldo Luiz. Di akhir kejuaraan, Brasil mampu menjadi juara. (kholil@satelitpost.com)